Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Faktanya! Martabak Makanan Berat atau Cemilan?


Martabak Manis


Ketika mendengar kata "martabak" sudah tidak asing lagi bukan? Yap, makanan yang sangat terkenal di indonesia ini bahkan bisa dijumpai dimana saja, dari mulai perkotaan sampai perdesaan tentu mudah dijumpai. Khususnya di indonesia sendiri ada 2 jenis martabak yang sangat terkenal yaitu "martabak telor & martabak manis". Tak salah jika dimana ditemukan martabak telor pasti disana ada martabak manis. 

 

Sedikit sejarah singkat martabak telor awalnya berasal dari seorang lelaki indonesia asal jawa tengah bertemu dengan perempuan asal india, tak lama mereka menikah. Lelaki indonesia ini juga  akan pandai memasak, ia pandai memasak yang terbuat dari terigu yang bisa dibilang martabak, ia mencoba untuk membuat martabak ini disukai oleh orang-orang disekitar tempat tinggalnya seperti orang jawa yang suka akan sayur-sayuran dibuatnya martabak ini dengan isian sayur-sayuran. 

Tak lain dengan martabak manis ini berasal dari daerah Bangka Belitung. Orang-orang disana bisa menyebutnya Hok Lo Pan yang dibuat oleh orang Hakka (Khek) Bangka. Maka tak salah jika selalu ada penjual martabak dengan istilah "Martabak Bangka", nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak). Arti harfiah Hok Lo Pan (Martabak) adalah kue orang Hok Lo.


Martabak Telur

Tapi apa benar martabak ini makanan berat atau sekedar cemilan saja? Faktanya martabak merupakan cemilan teman sejagad, biasanya jika martabak manis akan disantap pagi-pagi dengan dilengkapi teh hangat, jika martabak telor akan dihidangkan saat ada tamu datang. Tapi ada fakta lain teman sejagad, biasanya jika ada yang ingin meluluhkan hati para mertua selalu ada saja yang membawa martabak ini sebagai "sesajen", dikenal martabak selalu disukai dan dinikmati berbagai dari kalangan usia. Kebanyakan orang melakukan hal ini karena dari pengalaman seseorang atau dari film yang menggambarkan kebiasaan umum masyarakat membawa makanan ke rumah pasangan.

Namun kini, seiring berjalannya waktu dan inovasi tiap makanan selalu ada, tak kalah dengan martabak sendiri kini memiliki banyak variasi dari martabak telur yang awal diisi sayur-sayuran kini sudah dilengkapi dengan daging termasuk telurnya ada pilihan yaitu telur bebek. Martabak manis bervariasi akan isian dengan kismis, keju, kacang, coklat, selai dll.


Jadi teman sejagad biasanya kalian tim martabak yang mana nih? Atau tim martabak bawa kerumah calon mertua? 

Posting Komentar

0 Komentar