Ticker

6/recent/ticker-posts

Street Food Korea Yang Tren Di Indonesia

source : IDN Times/Fadila Suryandika

Korea Selatan merupakan salah satu negara trendsetter yang memiliki ciri khasnya sendiri baik dalam industri fashion, teknologi, idol sampai ke kultur dan makanannya yang wajib untuk dicoba. Korea Selatan akrab dengan teknik pemasaran mereka yang sangat memberikan pengaruh besar terhadap suatu produk. Korea Selatan mampu menciptakan pasar sendiri dan menarik minat para konsumennya. Beberapa tahun belakangan bisnis makanan yang terinspirasi dari jajanan street food di Korea semakin merebak di Indonesia. Pasarnya di Indonesia pun semakin meningkat dan sangat menjanjikan dan dipastikan masih akan bertahan dalam beberapa waktu kedepan. Untuk para penggemar dan penikmat drama korea biasanya sudah tidak asing dengan jajanannya seperti Odeng-Eomuk, Tteokbokki, Tteok, Gimbab dan Bibimbap. Tapi kali yang akan dibahas bukan jajanan yang hits itu ya! Yuk langsung saja kita bahas jajanan-jajanan korea apa saja yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia.

1. Tokebi

source : GenPi.co

Di korea ada sebutan lain untuk jajanan ini namanya Hattogu di Indonesia lebih sering disebut Hotang (Hotdog Kentang). Tokebi ini merupakan jajanan yang sejenis dengan Corn Dog (jajanan asal Amerika Serikat). Tokebi berbeda dengan Corn Dog karena Tokebi merupakan sosis yang ditusuk lidi dan permukaannya dibaluri oleh potongan kentang yang dipotong persegi panjang seperti french fries yang dilapisi adonan tepung kemudian digoreng dengan teknik deep-fried.

2. Gilgeori-toast (Korean Street Toast)


source : seonkyounglongest.com

Roti panggang isi ini sedang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Beberapa brand makanan ternama pun berlomba-lomba mengkreasikan menu ini sebagai menu baru mereka. Roti Panggang isi memiliki ciri khas sendiri, yakni isinya dapat diisi sayuran seperti potongan kol, wortel, ditambah dengan telur, daging, tuna dan saus mayo untuk rotinya tebal.

3. Inkigayo Sandwich


source : choihouse

Sandwich korea ini lebih dulu terkenal daripada korean street toast namun sampai sekarang masih banyak digemari oleh orang-orang karena termasuk efisien dalam penyajiannya tidak perlu dipanggang. Hanya menggunakan roti tawar biasa.

4. Bungeoppang


source : YuKepo.com

Jajanan satu ini merupakan jajanan khas ketika musim dingin di Korea. Roti yang berbentuk ikan ini memiliki isian kacang merah, coklat dan chestnut. Namun di Indonesia sudah banyak inovasi untuk isiannya seperti isian ice cream.

5. Es Krim Jipangyi


source : shutterstock.com

Beberapa tahun lalu es krim jenis ini sangat populer di event street food indonesia. Tidak seperti es krim pada umumnya yang memiliki tempat atau cone berbentuk kerucut, es krim jipangyi ini memiliki cone seperti pipa berbentuk gagang payung yang menyerupai huruf J.

6. Hweori Gamja Atau Kentang Spiral


source : livingnomads.com

Di berbagai negara sendiri kentang spiral ini sudah muncul sejak beberapa tahun lalu dan sampai sekarang masih banyak sekali penggemarnya. Untuk membuat kentang berbentuk spiral diperlukan alat potong khusus setelah itu ditusuk oleh lidi yang panjang dan digoreng dengan minyak panas menggunakan teknik deep-fried. Kentang spiral akan disajikan di kertas karton panjang dengan banyak pilihan bumbu dan saus.

7. Bbopki


source : maangchi.com

Jajanan manis ini hampir serupa dengan lollipop, hanya warna nya tidak warna warni melainkan cokelat. Kalau ditelusuri lagi sebenarnya jajanan ini namanya sudah sangat dikenal di Indonesia. Dalgona! Ya tren dalgona beberapa waktu lalu sebenarnya berasal dari sini. Memiliki tampilan yang bulat pipih berwarna coklat keemasan, di bagian tengahnya dapat diberi cetakan hiasan berbentuk hati atau bintang. Untuk membuatnya hanya diperlukan gula pasir dan baking soda (optional). Kemudian gula pasir dilelehkan pada sendok/tempat yang pipih lalu ditambahkan baking soda.

Gimana jagadians ada yang belum pernah mencoba beberapa jajanan diatas? Jangan lupa berikan komentar dibawah ya.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Inkigayo sandwich legend banget, ya! Tiap idol comeback terus perform di inkigayo pasti ada aja yang bahas sandwichnya 😁

    BalasHapus