Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Agar Video Konference Kamu Terlihat Lebih Baik dan Menarik


Halo Jagad Readers, apa kabar? Gimana kegiatan kalian selama #DiRumahAja? Pasti kalian tidak asing lagi dengan yang namanya video konference kan, apalagi dalam situasi pandemik covid-19 seperti sekarang ini. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan daring dan Work Form Home dengan video konference menggunakan aplikasi Zoom,Skype,Google Meet,WebinarJam dan media lainnya.

Nah sekarang mimin bakal kasih tutorial gimana sih membuat video konference kamu terlihat lebih baik dan menarik? Langsung Aja yang pertama yang kamu harus Perhatikan adalah…

 

1.Pastikan Pencahayaan kamu Baik

 


 

Segala hal terkait fotografi,video dan presentasi yang baik dimulai dengan pencahayaan yang baik. Nah gimana sih pencahayaan yang baik itu? untuk pengaturan pencahayaan bisa berbeda beda tergantung pada seperti apa ruangan yang anda gunakan, jika anda menggunakan ruangan yang tertutup atau minim cahaya anda bisa menambahkan ring light,lampu meja atau penerang sejenisnya. Akan lebih baik lagi jika anda dapat menggunakan cahaya alami seperti cahaya matahari yang berasal dari jendela jika ruangan anda memiliki pencahayaan yang cukup.

2.Sesuaikan Posisi Kamera 


 

Jika anda menggunakan ponsel atau laptop, ada kemungkinan kamera anda terposisikan sangat buruk untuk video konference. Untuk mengatasi hal ini anda dapat memposisikan kamera laptop anda setinggi mata agar bagian wajah dan bahu terlihat jelas. Agar video konference anda terlihat lebih menarik lagi anda juga bisa menggunakan background tambahan bila perlu. Jika kamera internal laptop anda berkualitas rendah, model USB dapat membantu anda mendapatkan gambar yang tampak lebih baik.    

Jika anda menggunakan ponsel, anda memiliki beberapa opsi tambahan. Pastikan itu berada dalam orientasi horizontal, karena itu lebih cocok untuk layar komputer yang mungkin digunakan rekan anda. Dan cobalah untuk meletakan ponsel anda pada dudukan,tidak disarankan untuk memegang ponsel anda sendiri, sekali lagi pastikan posisi kamera anda setinggi mata sehingga video anda terlihat jelas dan tetap stabil.

3.Fokus pada Kamera


FOTO: WHITSON GORDON

Fokus pada kamera dan perhatikan bahasa tubuh anda, penampilan sangat penting untuk mendapatkan kesan yang baik bukan? Nah untuk itu hindari hal hal yang mengganggu seperti melihat ke sembarang arah dan bergerak kesana kemari. Pastikan tubuh anda tegak untuk menciptakan kesan profesional, jangan lupa juga untuk tersenyum. Jika anda memberikan presentasi dan menulis catatan, cobalah untuk menempelkan poin-poin itu pada kamera atau layar yang anda gunakan, sehingga anda tidak terus-menerus melihat ke bawah atau meja anda.


4.Audio yang Baik Sangat Penting

Sebelum melakukan video konference pastikan anda berada di tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Selain itu pastikan audio yang anda gunakan baik, bila perlu untuk menambah kualitas audio, anda dapat menggunakan microphone,headset dan perangkat sejenisnya.


5.Pastikan Koneksi Internet Anda Stabil

Hal yang menjadi kunci utama dari semua hal diatas adalah koneksi internet yang anda gunakan. Sebelum anda melakukan video konference pastikan koneksi internet yang anda gunakan kuat dan stabil agar video konference anda berjalan dengan lancar.

  

Nah sekian tipsnya semoga bermanfaat ya, kalau kalian ada saran tentang artikel lainnya kalian boleh komen dibawah ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

 

 

 


Sumber : https://www.wired.com/story/how-to-make-video-calls-look-and-sound-better/

Posting Komentar

0 Komentar