Ticker

6/recent/ticker-posts

Belajar Ngeblog? Inilah Cara Membuat Artikel Blog Terlengkap!


JagadMedia - Hari gini belum bisa ngeblog? Apa kata dunia! Blogging atau ngeblog adalah sebuah aktivitas untuk menuangkan ide,informasi, hasil analisis terhadap suatu topik atau sekedar curcol di platform weblog. Saat ini ada banyak platform yang bisa digunakan untuk blogging seperti Blogger, atau Wordpress.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan tutorial singkat tentang cara membuat artikel blog menggunakan platform Blogger. Mau tahu caranya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Buat Link Permanen Antara 5-7 Kata

Blogger secara otomatis akan membuat link permanen dengan mengambil kata-kata pertama dari judul. Masalahnya, pemotongan kata-kata otomatis itu malah membuat kalimat pada link permanen menjadi tidak lengkap. Padahal salah satu indikasi SEO terpenting adalah link permanen.


Kalau kamu membuat judul misalnya: "Wah Keren! Inilah Cara Membuat Kopi Paling Enak" maka secara otomatis, link permanennya mungkin akan jadi seperti ini: 

wah-keren-inilah-cara-membuat.html. 

Nah loh! Judulnya sih keren, tapi link permanennya malah ga sinkron dengan judul. Itu sebabnya, sebelum membuat judul, pastikan kamu membuat link permanennya terlebih dahulu.

2. Buat Judul Antara 10-15 Kata

Dalam membuat judul kamu bisa menuangkan semua kreatifitasmu untuk menghasilkan judul yang menarik minat pembaca. Nggak ada panduan khusus untuk membuat judul yang menarik. Tapi kalau kamu pengin judulmu menarik minat orang, buatlah judul dengan 1-3 kata menggelegar di awal kalimat, baru tambahin judul aslinya. 


Misalnya, Terungkap! Ajaib! Keren! Ini Dia! Baru disambung dengan kalimat lainnya. Beberapa contoh judul keren yang sangat mungkin terindikasi click bait (hehehe) adalah seperti ini:

  • Terungkap! Inilah cara membuat telor ceplok!
  • Ajaib! Inilah cara membuat telor ceplok!
  • Keren! Inilah cara membuat telor ceplok!
  • Ini Dia! Inilah cara membuat telor ceplok!

Khusus buat kamu yang pengen membuat artikel bertemakan kluster, cukup menambahkan angka pada bagian judul. Hal ini akan membuat "bobot" dari artikel menjadi bertambah. Silahkan bandingkan!

  • Terungkap! Inilah cara membuat telor ceplok!
  • Terungkap! Inilah 9 cara membuat telor ceplok!

3. Gunakan Gambar Header Penunjang

Katanya gambar lebih bermakna dari seribu kata-kata. Bener juga sih. Bahkan pada saat ngeblog, gambar sebagai penunjang tetap perlu untuk digunakan. Terkait dengan plagiat versi mesin pencari, sangat disarankan agar kamu hanya mengupload gambar dari komputer yang telah direname sesuai dengan kebutuhan.


Berapa ukuran gambarnya? Ukuran gambar sangat tergantung dengan template blog yang kamu pakai. Tapi rata-rata, ukuran gambar untuk header blog pada template modern adalah 800 x 450 pixel. Jadi pastikan kamu mahir menggunakan paint untuk mengubah ukuran gambar.

4. Cara Upload Gambar

Blogger merilis tampilan editor baru per Juli 2020. Dalam versi baru ini, kamu bisa mengupload gambar dengan mengklik tombol di bagian atas editor. 



5. Pilih File 

File gambar yang dikenali oleh Blogger berformat jpg dan png. Untuk kepentingan loading yang cepat, sangat disarankan jika anda hanya mengupload gambar berformat jpg. 



6. Pastikan Kursor Rata Kiri

Kesalahan umum pemula pada Blogger adalah suka lupa menempatkan kursor sebelum mengupload gambar. Hasilnya kursor malah ada di tengah setelah gambar diupload. Solusinya, sebelum mengupload gambar tambahkan terlebih dahulu beberapa spasi ke bawah agar posisi kursor tetap rata kiri untuk penulisan artikel setelah gambar di upload.


7. Tulis Artikelmu

Pada tahap ini kamu bebas mengekspresikan idemu ke dalam tulisan. Nggak ada format yang baku, hanya saja kamu harus hati-hati jika kamu melakukan copas dari Microsoft Word ke Editor Blogger. Karena berbeda platform (meskipun sama-sama html), hal ini bisa mengakibatkan setingan pada Blogger akan rusak dan tampilan teksmu akan kacau balau. 



Solusinya? Sebelum kamu copas artikelmu dari Microsoft Word atau aplikasi pengolah kata lain, pastikan kamu copas dulu ke notepad untuk menghilangkan atribut html pada teksnya, baru dipindahkan ke blogger. Atau kalau mau lebih singkat gunakan short cut:

CTRL+C & CTRL+SHIFT+V (short cut khusus untuk melakukan paste dengan menghilangkan atribut html secara otomatis)

8. Cara Upload Video

Untuk menambahkan video pada blogger anda bisa mengakses menu upload video Youtube. Pada fitur baru, ada tambahan untuk dapat menambahkan video langsung dari komputer kamu. 


9. Pengaturan Video Youtube

Untuk menambahkan video Youtube anda cukup mempaste link video Youtube yang ingin kamu  tambahkan dan klik Cari. Kamu bisa tambahkan video tersebut dengan mengklik tombol Pilih.



10. Dimensi Video Youtube

Secara default, ukuran video Youtube yang terpasang pada blogger adalah 300x400 pixel. Bagi sebagian orang, ukuran ini tidak masalah. Tapi jika kamu ingin mengganti ukurannya, kamu perlu masuk ke mode HTML.


11. Memasuki Mode HTML

Blogger memiliki 2 mode editor. Yang pertama adalah mode Compose dan yang kedua adalah mode HTML. Kamu bisa mengakses mode ini melalui menu di pojok kiri atas. 


12. Cara Mengubah Ukuran Video Youtube

Kalau kamu nggak paham HTML, tenang. Yang perlu kamu cari dalam rentetan tag HTML yang bikin puyeng dan sakit mata ini adalah tag height & width yang menunjukkan ukuran dimensi video Youtube. Ukuran standar yang disarankan adalah 700x400 pixel.


13. Ajakan Beri Komentar

Membuat blog nggak asyik kalau nggak ada engagement dengan pembacanya. Jadi usahakan setiap habis membuat artikel, ajak pembacamu untuk memberikan komentar pada artikel yang kamu buat.


14. Beri Label

Langkah terakhir sebelum artikelmu siap rilis adalah memberikan label pada artikel untuk memudahkan pencarian. Label atau tag ini akan menjadi salah satu kunci utama keunikan artikel kamu dalam keseluruhan halaman blog.




Gitu deh tutorialnya. Gimana sobat Jagad? Sudah siap membuat artikel blognya? Kalau kamu punya pertanyaan atau pengin diskusi seputar pembuatan artikel blog, silahkan komen di bawah ya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. terima kasih atas informasinya, website kami https://budiluhur.ac.id

    BalasHapus