Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini dia fungsi kabel yang ada di Packet Tracer

 

Mengenal jenis dan kegunaan kabel jaringan pada aplikasi Cisco Packet Tracer

 



Cisco Paket Tracer merupakan aplikasi pembelajaran teknologi jaringan yang menggunakan simulator alat-alat jaringan cisco. Plan ini dirancang oleh cisco system dan disediakan secara gratis untuk fakultas, alumni dan para siswa yang berpartisipasi dalam Cisco Networking Academy. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus membuat akun Netacad terlebih dahulu baru dapat menggunakannya secara gratis.

Di dalam Cisco Packet Tracer terdapat berbagai perangkat keras jaringan komputer dan berbagai jenis kabel, yang dapat menggunakan fungsi yang berbeda dan serupa dari peralatan aslinya.

Nah, dibawah ini akan kita bahas mengenai kabel jaringan dan fungsi nya pada aplikasi cisco Packet Tracer, mari kita bahas bersama-sama.

1.       1. Automatically Chose Connection



 

Kabel ini pas untuk pengguna yang masih bingung ingin menggunakan kabel jenis apa. Karena kabel ini akan otomatis memilih kabel jenis lain yang dapat terhubung ke perangkat dalam jaringan. Jadi kabel Automatically Chose Connection cocok dengan perangkat manapun.

2. Console


 

 

Kabel ini biasanya digunakan untuk mengkonfigurasi skenario jaringan secara langsung. Umumnya tidak digunakan untuk terhubung ke jaringan, hanya secara langsung mengkonfigurasi perangkat jaringan.

3.     3. Copper Straight



 

Dengan port ethernet, kabel ini dapat menghubungkan 2 perangkat jaringan sekaligus dengan jenis yang berbeda. Misalnya menghubungkan PC-Host dengan Switch atau hub, router dengan switch, dan lain-lain.

4.       4. Copper Cross



 

Hampir mirip dengan Copper straight, kabel ini dapat menghubungkan 2 perangkat jaringan sekaligus dengan jenis yang sama. Misalnya menghubungkan PC-Host dengan PC-Host, Router dengan Router, Switch dengan Switch dan lain-lain.

5. Fiber



 

Kabel ini di pergunakan untuk 2 perangkat yang akan terhubung menggunakan media antarmuka Fiber Optik. Dengan kecepatan transfer yang melebihi kabel UTP, kabel fiber dapat digunakan untuk menghubungkan switch dan router. Selama masih ada interface fiber optic, kabel ini akan bisa digunakan dimana saja.

6.       6. Phone



 

Umumnya digunakan untuk menghubungkan telepon dengan port RJ11.

7.       7. Coaxial



 

Kabel yang biasa digunakan pada topologi bus DNA biasanya digunakan untuk menghubungkan radio.

8.       8. Serial DCE



 

Jenis ini dikenal juga dengan RS-232. Kabel DCE berfungsi untuk melakukan konversi sinyal, coding, dan line-clocking. DCE juga merupakan bagian dari peralatan DTE(Data Terminal Equipment). Kabel jenis ini biasa dipakai untuk modem atau leased line.

9.       9. Serial DTE



 

Serial DTE adalah peralatan komunikasi yang dapat mengubah informasi menjadi sebuah sinyal dan melanjutkannya kepada user DCE. Kabel jenis ini biasa dipakai untuk monitor dan printer.

 

jadi udah pada tau kan, beberapa fungsi kabel yang ada di packet tracer. semoga artikel ini dapat membantu kalian dan jangan lupa beri komentar ya!

 


Posting Komentar

0 Komentar