Ticker

6/recent/ticker-posts

Wadaw Hati-Hati! Inilah Efek Samping Begadang Bagi Tubuh

Sumber gambar : https://pixabay.com/id/photos/waktu-timer-jam-menonton-371226/


Halo Jagad readers, siapa nih yang sering begadang? Idealnya, lama waktu tidur yang baik untuk kesehatan minimal delapan jam. Namun terkadang, minimal lama waktu tidur ideal tadi tidak terpenuhi karena berbagai alasan, sehingga mengharuskan diri untuk begadang. Mulai dari alasan susah tidur, terlalu asyik bermain gadget, belajar kebut semalam, sampai menyelesaikan pekerjaan yang tenggat waktunya mepet.

Sebagian besar dari kalian mungkin beranggapan, begadang adalah solusi terbaik untuk menyelesaikan semua permasalahan tadi. Sayangnya, itu bukan solusi yang baik soalnya selain bikin ngantuk dan nggak bersemangat, begadang bisa meningkatkan berbagai risiko kesehatan.  Berikut beberapa efek samping begadang bagi tubuh.

1. Menurunnya Sistem Imun

Source : Pinterest

Secara alamiah, tidur adalah salah satu cara yang dilakukan oleh tubuh kita untuk meningkatkan sistem imun demi melawan berbagai substansi asing yang masuk ke dalam tubuh, sebab antibodi diproduksi lebih cepat saat kita tidur. Dengan begadang, otomatis jam tidur akan berkurang dan proses pembentukan antibodi akan terhambat, sehingga tubuh lebih rentang terserang  berbagai penyakit. Jadi biar nggak gampang sakit, lebih baik tidur yang cukup, yuk!

2. Kulit Kelihatan Jadi Lebih Tua

Source : Popmama.com

Salah satu resep untuk terlihat awet muda adalah tidur. Saat tidur, proses regenerasi untuk memulihkan sel-sel tubuh terjadi. Selain itu, peredaran darah menjadi lancar, dan aktivitas perbaikan kerusakan kulit yang terpapar sinar UV akan bekerja. 
Kalau kamu begadang, semua proses tadi akan terhambat dan efek sampingnya langsung terlihat di pagi hari. Muncul mata panda, warna kulit lebih kusam, dan kerutan di wajah telihat semakin jelas. Jadinya, wajah kamu kelihatan tua. Hiih! Siapa sih, yang mau keliatan lebih tua dari usia yang seharusnya? 

3. Mudah Lupa

Source : metro.co.uk

Orang yang sering begadang cenderung memiliki ingatan yang buruk alias jadi pelupa, sebab saat malam hari, saraf-saraf otak yang bertugas untuk menyimpan ingatan nggak diberi kesempatan untuk beregenerasi. Selain bikin ingatan jadi buruk, begadang juga membuat otak jadi lebih sulit berkonsentrasi. Buat kamu yang sering banget pakai sistem kebut semalam (SKS), lebih baik hentikan kebiasaan ini, ya!

4. Lebih Mudah Marah Hingga Depresi

Source : health.howstuffworks.com

Selain untuk membiarkan organ-organ beristirahat dan regenerasi sel, tidur juga berperan penting dalam membantu kemampuan tubuh menghadapi stress. Nah saat kurang tidur, kemampuan berpikir jernih akan berkurang, sehingga kita lebih sulit mengambil keputusan dan suasana hati menjadi lebih berantakan. Inilah penyebab kita lebih mudah marah dan tersinggung saat kurang tidur.
Semakin sedikit jam untuk istirahat, maka semakin sulit untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kebiasaan begadang juga bisa menimbulkan berbagai perubahan emosi ke arah yang lebih negatif. Hal ini berisiko meningkatkan gangguan kecemasan yang bisa berujung ke masalah mental yang lebih serius, yaitu depresi. Aduh, bahaya banget!

5. Risiko Terserang Penyakit Jantung

Source: novanthealth.com

Sering begadang  bisa menaikkan tekanan dan gula darah. Jika dibiarkan, dampak ini akan terus berkembang, sehingga penyakit jantung menjadi lebih mudah menyerang tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, setiap satu jam tidur yang berkurang meningkatkan risiko terserang penyakit jantung sebesar 11%. Lebih seramnya lagi, hal ini bisa berujung kematian! Hwaah, ngeriii!



Nah, itulah beberapa efek samping dari begadang. Hayo, siapa nih yang masih mau terus begadang setelah tahu efek sampingnya?


Writer

Fadila Razhya Rahmadhany

Posting Komentar

0 Komentar