Ticker

6/recent/ticker-posts

Keutamaan Puasa Tasu'a dan Asyura...

7 Hikmah Puasa Ramadhan

 JagadMedia - Mau dapat pahala yang besar sekaligus mendapatkan ampunan dosa dari satu tahun yang lalu? Memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H, dianjurkan untuk puasa Tasu'a di bulan muharram 1442 H. Puasa Tasu'a dan puasa asyura merupakan puasa sunnah yang dapat menghapuskan dosa - dosa satu tahun yang lalu. Puasa Tasu'a dilaksanakan pada 9 Muharram (28 Agustus) dan puasa Asyura pada 10 Muharram (29 Agustus) 


Berikut merupakan keutamaan puasa Tasu'a dan Asyura :

1. Menghapus Dosa Setahun yang Lalu

gratis puasa foto | Piqsels
Manusia tidak luput dari yang namanya kesalahan, puasa asyura dapat menghapus dan mmenebus dosa - dosa kita di satu tahun yang lalu, sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah ketika ditanya tentang puasa Asyura, beliau pun menjawab " Menghapus dosa setahun yang lalu " (HR.Muslim)

2. Hari Puasa Umat Nabi Musa A.S

Gambar : tangan, orang, hitam dan putih, anak, kaki, duduk, agama, satu  warna, berdoa, rohani, keagamaan, iman, foto, mesjid, doa, Islam, gambar,  emosi, Arab, Muslim, pemotretan, fotografi monokrom, puasa, posisi manusia  5760x3840 - -

Ibnu Abbas pernah meriwayatkan bahwa ketika Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah beliau melihat kaum yahudi berpuasa pada hari Asyura kemudian beliau menjumpainya sembari bertanya mengapa mereka berpuasa pada hari itu, kemudian mereka menjawab bahwa Sesungguhnya Allah SWT telah melepaskan Musa dan umatnya pada hari itu dari firaun dan bala tentaranya, kemudian Musa berpuasa pada hari itu sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.
Kemudian Rasulullah memuliakan hari itu dengan berpuasa 

3. Mewujudkan Impian Rasulullah SAW

gratis puasa foto | Piqsels

Ada satu keinginan yang Rasulullah sangat ingin lakukan tetapi belum terlaksana dikarenakan ajal lebih dulu menjemput beliau, yaitu melaksanakan puasa Tasu'a.
Ibnu Abbas pernah bercerita bahwa Rasulullah pernah bersabda " Jika saya lanjut berumur hingga satu tahun yang akan datang niscaya saya akan berpuasa Tasu'a (HR.Muslim)"
 

Posting Komentar

0 Komentar