Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Intip! 3 Software Untuk Membangun Sebuah Aplikasi Di Smartphone


JagadMedia - Terkadang menciptakan sesuatu di sela-sela waktu luang memang menyenangkan. Apalagi hal yang dilakukan adalah mengasah kemampuan yang kita miliki atau bahkan membuktikan kemampuan kita, seperti halnya membangun sebuah aplikasi di smartphone. Pada era yang semakin canggih ini banyak para pengembang aplikasi maupun yang sedang belajar membangun sebuah aplikasi berlomba untuk membuat aplikasi yang memenuhi pengguna smartphone. Oleh karena itu, aku mau bagiin nih .. beberapa software apa saja yang dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi smartphone


1. Adobe Flash

 


Software yang dulu dikenal bernama macromedia flash ini mampu membantu kalian untuk membuat sebuah aplikasi. Selain itu, software ini juga dapat membangun aplikasi pembelajaran atau aplikasi apapun yang disertai animasi interaktif.  Dengan menggunakan software ini kita dapat mempublish FLA ( ekstensi file projek dari Adobe Flash) menjadi APK android, cocok bukan untuk kalian yang mau membangun aplikasi di smartphone.

 

2. Android Studio

 


Salah satu software yang terkenal dan sering digunakan dikalangan para developer aplikasi ini merupakan software IDE (Integrated Development Environment) yang resmi dari Google. Bahasa pemrograman dari software ini adalah Java, Kotlin, dan C++ untuk membangun aplikasinya. Software ini juga dilengkapi dengan fitur - fitur komplit serta emulator yang dapat membantu kalian menguji kerangka kerja yang dimiliki. Dilengkapi dengan instant run sehingga membantu developer untuk melakukan perbaharuan tanpa mengubah kerangka kerja aplikasi.

 

3. Unity

 


Merupakan software yang dapat membuat game sesuai kemauan dan ide yang kalian punya kemudian dibangun menjadi aplikasi di smartphone. Aplikasi game pun berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi, dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Aplikasi game yang dibangun dapat dimainkan secara offline tanpa menggunakan internet atau jaringan. Sebelum merancang aplikasi game kalian alangkah baiknya untuk merancang konsep atau ide aplikasi yang akan dibangun, sehingga saat menggunakan software kalian tidak bingung mau membangun aplikasi apa.

Posting Komentar

0 Komentar