Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia!! Langkah Awal Untuk Menjadi Web Developer Yang Professional

 


 

Semakin bertambahnya perkembangan zaman, web development menjadi salah satu pekerjaan dengan peluang yang sangat menjanjikan. Hampir seluruh perusahaan dari berbagai macam sektor saat ini membutuhkan tampilan web yang interaktif, berfungsi dengan baik, dan tentunya dapat menarik perhatian banyak mata.

Web development berasal dari bahasa Inggris yang berarti pengembangan web adalah sebuah proses pengembangan web.

Menjadi web development selalu bekerja dibelakang layar, mengembangkan web dengan tujuan mendapatkan situs web yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam membuat situs web, biasanya dikembangkan menyesuaikan kebutuhan dan aspirasi dari customer.

Proses pengembangan web meliputi design web, pengembangan konten pada web, hingga pengaturan keamanan pada jaringan.

web development memiliki jenis-jenis yang berbeda seperti front-end development, back-end development, full stack development, dan mobile development.

Namun untuk menjadi web development yang handal tentu harus menguasai ilmu nya terlebih dahulu, karena semua hal memang harus didasari dengan belajar. Oleh karena itu kali ini kita bawain informasi mengenai sumber daya web development.

1.      Mdn Web Docs

Web ini merupakan situs web dokumentasi dan sumber pembelajaran yang dibuat khusus untuk web development. Situs web ini juga digunakan oleh web besar seperti Mozilla, Microsoft, Google dan juga Samsung. Web ini telah diluncurkan oleh Mozilla sekitar tahun 2005, dan telah berkembang dari situs web sederhana hingga menjadi salah satu web development paling popular.

2.      W3Schools

Nama W3Schools didapatkan dari singkatan Worl Wide Web adalah situs web developer informasi. W3Schools dapat juga disebut sebagai gudang informasi dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan web development seperti HTML, CSS, Java Script, SQL, PHP dan Jquery.

3.      Tutorialspoint

Seperti namanya, situs web ini berisi berbagai macam tutorial online secara gratis. Memiliki lebih dari 2000 tutorial teknis dan non-teknis. Memberikan banyak pembelajaran mudah yang bisa didapat dari web ini.

4.      Traversy Media

Merupakan sebuah channel dari platform YouTube yang berisi video tutorial yang berkaitan dengan topik web development dan pemrograman.

5.      The Net Ninja

Channel ini memberikan banyak sekali video tutorial yang dapat di tonton sebagai referensi atau sebagai video pembelajaran.

6.      Code With Mosh

Channel ini akan sangat membantu anda untuk menjadi web developer yang professional. Cukup dengan menonton video dalam kamar tidur, channel ini akan membawa anda untuk menjadi seorang yang handal dalam menjadi web development.

7.      Freecodecamp

Situs web yang menyediakan web pembelajaran interaktif, ruang obrolan, forum komunitas online, hingga organisasi lokal yang membahas topik mengenai web development dan dapat diakses oleh siapa saja.

8.      Udemy

Merupakan sebuah marketplace dengan pembelajaran online dan ratusan ribu kursus yang tersedia. Para pemula akan sangat terbantu karena dapat belajar pemrograman, pemasaran, dan ilmu data yang didapatkan di web ini.

9.      Codecademy

Merupakan platform online yang berasal dari Amerika yang membuka kelas pemrograman secara gratis dalam 12 bahasa yang berbeda yaitu Phyton, Java Script, Go, Java, Ruby, SQL, C++, C#, swift dan sass, HTML, dan CSS.

10.   Sololearn

Sololearn adalah komunitas terbesar di dunia yang berisi orang-orang yang mempelajari coding. Dengan lebih dari 25 kursus pemrograman, dapat memilih ribuan topik untuk mempelajari caranya.

Posting Komentar

0 Komentar