Ticker

6/recent/ticker-posts

Kisah UMKM Batagor Jaya Majalengka! Tetap Semangat Saat Pandemi!

 Batagor bukanlah makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Makanan khas asal kota Bandung ini selalu menjadi favorit semua orang. Bagaimana tidak? cita rasanya yang enak dan khas tentu membuat batagor menjadi kesukaan banyak orang. Walaupun berasal dari Jawa Barat, batagor juga dijual di daerah Semarang lho! Yuk simak kisah salah satu pedagang batagor di Semarang!

Pak Uri Suriyanto memulai usaha batagornya pada tahun 2017 lalu, tepatnya 17 Juli 2017. Pak Uri berasal dari Majalengka, Jawa Barat itulah mengapa nama UMKM beliau adalah Batagor Jaya Majalengka. Walaupun Pak Uri hanyalah lulusan SMK dan tidak berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi Pak Uri Supriyanto selalu semangat dan ikhlas dalam menjalankan kehidupannya. Pada tahun 2017, Pak Uri memutuskan untuk berjualan Majalengka ke Semarang. Mengapa Semarang? Kata beliau, beliau ingin mengenalkan cita rasa khas Jawa Barat ke Jawa Tengah. Dan pada saat itulah kisah beliau dimulai.

Pak Uri Supriyanto tentu tidak sendiri, ia dibantu oleh tiga orang temannya. Dimulai dengan berjualan keliling menggunakan gerobak ke sekolah-sekolah, ke pusat berbelanjaan, dan tempat ramai lainnya sampai akhirnya bisa berkesempatan mengontrak dan membuka usahanya di garasi rumah. Namun, pada bulan Maret 2020, Pak Uri sempat berhenti berjualan dikarenakan pandemi dan pada saat itu penjualan Pak Uri turun drastik dan sempat terpuruk.

Sedih pasti, tetapi Pak Uri tetap memiliki moto hidup yaitu "kerja keras dengan hati yang ikhlas tidak akan membuat diri kita kecewa, apapun hasil akhirnya." yang ia pegang teguh setiap harinya. Sampai akhirnya beliau bangkit dan mulai berjualan lagi dengan menggunakan dua gerobak keliling hingga hari ini. Tidak hanya berjualan dengan gerobak, Batagor Jaya Majalengka juga bisa dipesan melalui gofood, grabfood, dan shopeefood. Dengan cara inilah, usaha milik Pak Uri makin dikenal oleh warga Semarang. Dan untuk kedepannya, harapan Pak Uri adalah untuk dapat memiliki tempat atau ruko untuk berjualan dan tidak harus berkeliling menggunakan gerobak.

Nah, untuk para sobat jagad yang berada di daerah Semarang jangan lupa untuk beli Batagor Jaya Majalengka milik Pak Uri yaa!

Posting Komentar

0 Komentar