Ticker

6/recent/ticker-posts

The 5 Best Korean Dramas 2023

            


Drama Korea Terbaik 2023 dalam berbagai genre seperti thriller, romansa, komedi, dan lainnya—dengan melibatkan bintang-bintang seperti Song Hye-kyo, Ji Chang-wook, Wi Ha-joon, dll. Tautan streaming disertakan jika tersedia.

Pada tahun 2023, Drama Korea terus memperluas dominasinya secara budaya di seluruh dunia. Maka dari itu, adalah wajar untuk bertanya—Apa saja Drama Korea Terbaik tahun 2023?

Untuk itu, Cinema Escapist telah memilih drama Korea terbaik tahun 2023—melintasi berbagai genre termasuk thriller, romansa, kejahatan, aksi, komedi, superhero, dan lainnya. Drama-drama Korea ini juga menampilkan bintang-bintang top seperti Song Hye-kyo, Ji Chang-wook, Wi Ha-joon, Jung Hae-in, dan lainnya.

Kami membuat pilihan berdasarkan beberapa faktor. Pertama, kami memilih drama Korea yang sebagian besar episode tayangnya berlangsung pada tahun 2023. Dalam drama-drama tersebut, kami kemudian menyaring judul-judul dengan nilai hiburan yang baik dan ketersediaan yang lebih luas di platform streaming global seperti Netflix dan Disney+. Terakhir, sesuai dengan etos editorial Cinema Escapist, kami menyertakan drama Korea dengan kesadaran sosial atau inovasi artistik yang mencolok.

Dengan faktor-faktor ini dalam pikiran, kami telah menyusun 5 entri untuk drama Korea terbaik tahun 2023.

1. The Glory

 
Judul Korea: 더 글로리 | Pemeran: Song Hye-kyo, Lee Do-hyun, Im Ji-yeon, Yeom Hye-ran, Park Sung-hoon | Genre: Thriller, Balas Dendam, Melodrama

Menempati posisi teratas dalam daftar drama Korea terbaik tahun 2023 adalah "The Glory". Secara teknis, acara ini perdana pada 30 Desember 2022. Oleh karena itu, acara ini tidak masuk dalam daftar drama Korea 2022 Cinema Escapist karena kami tidak memiliki informasi yang cukup tentangnya pada saat itu. Namun, mengingat sebagian besar episode "The Glory" dirilis pada tahun 2023, kami merasa wajar untuk memberikannya tempat di daftar ini.

Ditulis oleh penulis naskah terkenal Kim Eun-sook dan dibintangi oleh aktris superstar Song Hye-kyo sebagai pemeran utama Moon Dong-eun, "The Glory" merupakan salah satu drama Korea yang paling dinantikan dan dipuji tahun lalu. Acara ini berfokus pada pengalaman Moon dengan perundungan di sekolah, dan kemudian berkembang menjadi kisah balas dendam yang memikat. Dengan adanya wacana sejenis #MeToo tentang perundungan selama beberapa tahun terakhir di Korea Selatan, "The Glory" datang pada saat yang sangat berdampak secara sosial juga.

"The Glory" menyapu Penghargaan Seni Baeksang dengan kemenangan sebagai Drama Terbaik, Aktris Terbaik, dan Aktris Pendukung Terbaik, dan mendapatkan pujian karena realisme dan kemampuannya untuk meningkatkan kesadaran global tentang trauma berkepanjangan akibat perundungan.

Tonton drama Korea ini di Netflix.

2. Mask Girl



Judul Korea: 마스크걸 | Pemeran: Lee Han-byeol, Nana, Go Hyun-jung, Ahn Jae-hong, Yeom Hye-ran | Genre: Misteri, Thriller, Komedi Hitam

Dengan hanya tujuh episode, "Mask Girl" dari Netflix memberikan dampak besar dalam waktu singkat. Acara ini berpusat pada seorang gadis bernama Kim Mo-mi yang dihantui oleh wajah yang tidak memenuhi standar kecantikan ketat Korea Selatan. Meskipun begitu, Kim ingin menjadi seorang penampil dan memuaskan keinginan itu dengan menjadi streamer internet bertopeng yang dikenal sebagai "Mask Girl". Namun, serangkaian peristiwa tidak menguntungkan membongkar identitas tersembunyi Kim sebagai Mask Girl, dan berkembang menjadi perjalanan balas dendam yang melibatkan beberapa dekade.

Mengatakan bahwa "Mask Girl" gelap dan keras adalah penghinaan. Acara ini tanpa ragu-ragu menampilkan pembunuhan dan pelecehan seksual, dan mengambil beberapa arah yang cukup mengejutkan. Tingkat nilai kejutan ini membuat "Mask Girl" semakin efektif sebagai komentar sosial tentang hubungan gender dan standar kecantikan di Korea Selatan kontemporer, dan memberikannya sentuhan film balas dendam Korea yang sukses seperti "Sympathy for Lady Vengeance". Jika Anda mencari istirahat dari drama Korea yang lambat dengan 20 episode penuh gula, "Mask Girl" akan memberikan hiburan yang menyegarkan—meskipun suram. Acara ini menarik dan penuh ketegangan, dan Anda mungkin menemukan diri Anda menonton semua tujuh episode-nya sebelum menyadarinya.

Tonton drama Korea ini di Netflix.

3. Moving




















Judul Korea: 무빙 | Pemeran: Ryu Seung-ryong, Han Hyo-joo, Zo In-sung, Cha Tae-hyun, Ryu Seung-beom | Genre: Aksi, Thriller, Misteri, Supernatural

Dengan Disney yang memiliki waralaba Marvel, tidak mengherankan jika mereka memutuskan untuk mencoba konsep Kdrama yang bernuansa superhero dengan "Moving". Namun, "Moving" untungnya melampaui kecenderungan formulistik yang belakangan menjadi ciri khas Marvel, dan berakhir sebagai salah satu Kdrama paling mencolok tahun 2023.

"Moving" dimulai dengan sekelompok siswa SMA Korea Selatan yang dengan cepat kita ketahui memiliki kekuatan super. Ternyata, mereka adalah anak-anak dari sekelompok mata-mata Korea Selatan yang juga memiliki kekuatan super dan ingin melindungi anak-anak mereka dari eksploitasi oleh agensi pemerintah.

Selain adegan aksi yang cukup, "Moving" membedakan dirinya dari tontonan superhero lainnya dengan menekankan dinamika keluarga karakter-karakternya. Setiap karakter dalam drama ini memiliki latar belakang yang rinci, dan menjadi jauh lebih dari sekadar kekuatan super mereka sendiri. Tidak mengherankan bahwa "Moving" menjadi K-drama paling banyak ditonton dari Disney dalam waktu hanya tujuh hari, dengan penonton di beberapa wilayah bahkan mengungguli tontonan Disney seperti "The Mandalorian".

Tonton drama Korea ini di Disney+ atau Hulu.

4. Queenmaker












Judul Korea: 퀸 메이커 | Pemeran: Kim Hee-ae, Moon So-ri, Ryu Soo-young, Cha Tae-hyun, Ryu Seung-beom | Genre: Politik, Bisnis

Para penggemar drama politik akan menghargai "Queenmaker", yang menampilkan Kim Hee-ae (dari "The World of the Married") sebagai penata perusahaan licin bernama Hwang do-hee yang membelot dari majikan chaebol-nya untuk membantu seorang aktivis buruh eksentrik bernama Oh Kyung-sook (diperankan oleh Moon So-ri) maju sebagai calon walikota Seoul.

Dengan gambaran keserakahan perusahaan dan intrik politik, "Queenmaker" menawarkan banyak hal yang bisa dinikmati oleh para pecinta politik. Acara ini juga menonjol dengan narasi yang berpusat pada perempuan, dengan dua pemeran utama perempuan yang mewakili cara berbeda di mana perempuan dari latar belakang yang berbeda mencapai—dan berjuang untuk mempertahankan—pengaruh dan kekuasaan. Mengingat sikap yang semakin tidak ramah terhadap feminisme dan ketidaksetaraan gender yang masih ada di Korea Selatan, "Queenmaker" patut ditonton sebagai titik perbandingan dengan realitas.

Tonton drama Korea ini di Netflix.

5. Bloodhounds















Judul Korea: 사냥개들 | Pemeran: Woo Do-hwan, Lee Sang-yi, Kim Sae-ron, Ryu Seung-beom, Kim Sung-kyun | Genre: Aksi, Thriller, Kejahatan

"Bloodhounds" berkisah tentang dua mantan Marinir yang beralih profesi menjadi petinju, yakni Kim Gun-woo dan Hong Woo-jin (diperankan oleh Woo Do-hwan dan Lee Sang-yi), yang memutuskan untuk bekerja sama melawan Smile Capital, sebuah perusahaan pemberi pinjaman uang yang predator.

Selain beberapa momen bromance antara dua pemeran utama pria, "Bloodhounds" juga menyajikan aksi dan ketegangan yang cukup. Bagi mereka yang tidak suka dengan unsur roman dalam K-drama, acara ini memberikan hiburan yang menyegarkan, karena pertarungan berdarah dan bukan deklarasi cinta yang penuh air mata menjadi fokus utamanya.

Dengan fokusnya pada praktik pemberian pinjaman uang, film ini juga melihat isu-isu moralitas dan ketidaksetaraan ekonomi di dalam Korea Selatan, meskipun mungkin tidak sebijak acara dengan fokus sosial yang eksplisit.

Tonton drama Korea ini di Netflix.

Posting Komentar

0 Komentar