Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Triks yang Membantu Anda Tidur Lebih Cepat


Pernyataan yang kurang dipikirkan kepada seorang teman hari ini. Pertemuan dengan atasan besok. Kredit rumah. Tanpa tempat tinggal. Flu. Gletser yang mencair! Jika pikiran Anda mulai berputar ketika kepala Anda menyentuh bantal, trik baru yang disebut "cognitive shuffle" mungkin dapat membantu. Tujuannya: untuk meredam pikiran-pikiran yang membuat cemas dengan sengaja membebani otak dengan pikiran-pikiran yang tidak berarti.

"Cognitive shuffle" muncul dari upaya seorang ilmuwan kognitif untuk mengatasi masalah tidurnya sendiri. Luc Beaudoin, PhD, seorang profesor tambahan di Simon Fraser University di British Columbia, menduga bahwa jika dia bisa menemukan cara untuk membuat otaknya masuk ke dalam keadaan yang dianggapnya siap tidur sambil mengalihkan perhatiannya dari pikiran-pikiran stres yang membuatnya sulit tidur, mungkin saja dia berhasil tertidur. "Sistem kontrol onset tidur otak tidak perlu tahu apa yang Anda pikirkan atau bayangkan," katanya. "Hanya perlu mengetahui bahwa ada pikiran melayang dan ada gambaran visual yang jelas, seolah-olah Anda sedang mengalami halusinasi. Kecuali otak sedang dalam pengaruh obat, petunjuk-petunjuk ini umumnya menandakan bahwa korteks siap untuk tidur."

Teori Beaudoin berhasil baginya, jadi ia mengujinya pada mahasiswa, membandingkan "cognitive shuffle" dengan teknik jurnal awal malam yang disebut "constructive worry," yang telah terbukti mengatasi pikiran-pikiran yang menyebabkan insomnia. "Cognitive shuffle" sama efektifnya dan mungkin lebih nyaman karena dapat dilakukan pada waktu tidur atau tengah malam tanpa pena, kertas, atau lembar kerja. Saat ini, ia sedang mempelajarinya dibandingkan dengan menghitung mundur. Untuk mencoba versi sendiri, ikuti langkah-langkah ini:

1. Pilih huruf secara acak.

2. Bayangkan kata yang dimulai dengan huruf tersebut. Harus sesuatu yang dapat Anda bayangkan dan emosional netral (hindari badut, pesawat terbang, atau ular).

3. Teruslah memikirkan kata-kata baru yang dimulai dengan huruf itu. Jadi, jika Anda memilih "lollipop," Anda mungkin kemudian membayangkan landmark, lemon, sendok sayur, singa. Alih-alih bergegas melalui daftar kata-kata, berhentilah sejenak dan bayangkan masing-masing, seperti yang disarankan oleh Beaudoin.

4. Ketika Anda bosan dengan huruf yang dipilih, pindah ke huruf berikutnya. Jangan kreatif dan membuat cerita tentang salah satu kata.

5. Teruskan sampai...zzz. Beberapa orang mungkin tertidur dalam beberapa menit pertama; yang lain mungkin membutuhkan waktu hingga 15 atau 20 menit.

Sumber : Oprah

Posting Komentar

0 Komentar