Ticker

6/recent/ticker-posts

Foto Klimt yang Hilang Selama Hampir Satu Abad Bisa Dijual seharga $54 Juta


Sebuah lukisan karya Gustav Klimt yang telah hilang selama hampir satu abad diestimasi akan menghasilkan jutaan dolar ketika dilelang pada musim semi ini.

"Portrait of Fräulein Lieser," dianggap sebagai salah satu karya terakhir pelukis Austria itu, diperkirakan akan terjual hingga $54 juta, menciptakan kegembiraan di dunia seni. Lukisan tersebut dianggap hilang selama bertahun-tahun, tetapi sekarang diketahui dimiliki oleh seorang warga Austria.

"Penemuan ulang lukisan ini, salah satu yang paling indah dari periode kreatif terakhir Klimt, adalah sensasi," kata rumah lelang dalam pernyataan pers di situsnya.

Meskipun lukisan tersebut telah didokumentasikan dalam katalog seniman, para ahli hanya melihatnya dalam foto hitam-putih sebelum ditemukan.

Subyek lukisan ini diketahui sebagai anggota keluarga Yahudi Austria yang kaya pada saat itu dan merupakan bagian dari kelas atas masyarakat Wina, yang menjadi pelanggan dan pelindung Klimt. Namun, identitasnya tidak sepenuhnya pasti.

Adolf dan Justus Lieser adalah industrialis terkemuka di Kekaisaran Austro-Hungaria. Katalog karya Klimt menyatakan bahwa Adolf memerintahkan seniman untuk melukis putrinya yang remaja, Margarethe Constance. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa istri Justus, Lilly, yang sebenarnya mempekerjakan Klimt untuk melukis salah satu dari dua putrinya.

Seorang penjaga yang tidak diketahui diketahui telah mengunjungi studio Klimt sebanyak sembilan kali pada bulan April dan Mei 1917, melakukan setidaknya 25 studi awal, dan kemungkinan memulai lukisan pada bulan Mei tahun tersebut.

Lukisan ini akan dijual atas nama pemilik Austria, yang belum disebutkan nama, bersama dengan penerus hukum “Adolf dan Henriette Lieser berdasarkan kesepakatan sesuai dengan Prinsip Washington tahun 1998,” kata rumah lelang.

Lukisan ini akan melakukan tur internasional sebelum dilelang pada 24 April, berhenti di Swiss, Jerman, Inggris, dan Hong Kong. Lukisan terakhir yang diselesaikan oleh Klimt memegang rekor sebagai karya seni paling mahal yang pernah dijual di lelang Eropa, mencapai £85,3 juta ($108,4 juta) di London tahun lalu.


Sumber: CNN News.

Posting Komentar

0 Komentar