Ticker

6/recent/ticker-posts

Raksasa chip AS, Advanced Micro Devices (AMD), memasuki arena PC AI dengan harapan mengatasi pesaing utamanya, termasuk Nvidia dan Intel, dalam perlombaan AI yang semakin memanas.

Presiden AMD, Victor Peng, menyatakan keyakinannya bahwa pasar untuk PC AI akan terus berkembang, dan perusahaan berharap melihat adopsi lebih luas pada paruh kedua tahun ini. PC AI mengacu pada komputer pribadi yang dilengkapi dengan prosesor khusus yang dirancang untuk menjalankan fungsi kecerdasan buatan, seperti terjemahan bahasa real-time.

Menurut laporan dari perusahaan riset teknologi Canalys pada bulan Desember, peningkatan minat dalam AI generatif diprediksi akan mendorong penjualan PC, dengan perkiraan bahwa 60% dari PC yang dikirim pada tahun 2027 akan memiliki kemampuan AI.

AMD, yang bersaing dengan Nvidia dan Intel dalam unit pemrosesan grafis, mengumumkan prosesor desktop Ryzen 8000G pada bulan Januari. Pengguna diharapkan mendapatkan daya dan kinerja luar biasa, terutama untuk beban kerja intens seperti bermain game dan menciptakan konten.

Pesaing utama AMD, Nvidia, saat ini mendominasi pasar GPU yang digunakan dalam aplikasi AI. Nvidia baru-baru ini meluncurkan GPU baru untuk menjalankan aplikasi AI generatif pada PC dan berencana untuk menyediakan GPU ini di laptop dari produsen seperti Acer, Dell, dan Lenovo.

Intel juga terlibat dalam persaingan ini, dengan meluncurkan chip Core Ultra pada bulan Desember untuk mendukung program AI lebih cepat. Perusahaan ini mengklaim bahwa prosesor ini akan mendukung lebih dari 230 PC AI pertama di dunia dari berbagai produsen, termasuk Acer, ASUS, Dell, HP, dan Lenovo.

Victor Peng menekankan bahwa AI akan terus menjadi faktor besar, dan AMD, dengan kepemimpinan yang baik dalam PC AI, optimis untuk bersaing baik dalam bisnis AI maupun bisnis tradisional lainnya. AMD juga telah meluncurkan chip Instinct MI300X, prosesor grafis yang dirancang untuk melatih model bahasa besar, sebagai langkah untuk bersaing dengan chip H100 Nvidia.

Jean Hu, wakil presiden eksekutif AMD, menegaskan bahwa perusahaan ini berfokus pada pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun di pusat data dan segmen embedded, dan peluncuran GPU AMD Instinct MI300 diharapkan membawa AMD menuju posisi yang kuat pada tahun 2024.

Posting Komentar

0 Komentar