Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Negara dengan Tanggal Kemerdekaan yang sama

 


Tepat hari ini Republik Indonesia Memperingati HUT-RI yang ke 75, karena setelah berabad-abadnya bangsa Indonesia di jajah dan di ambil sumberdaya nya untuk kepentingan negara lain tepat pada tanggal 17 agustus 1945 bangsa Indonesia merdeka dan lepas dari cengkraman para penjajah , tapi selain Indonesia ada juga negara Gabon yang saat ini merayakan kemerdekaan nya juga dengan kata lain Indonesia dan Gabon mempunyai tanggal dan bulan kemerdekaan yang sama guys.

Tapi tahukah kalian ? selain Indonesia dan Gabon ada juga beberapa negara yang mempunyai tanggal dan bulan yang sama dalam memperingati kemerdekaan nya, Berikut kami rangkum dalam 5 Negara dengan tanggal kemerdekaan yang sama.

1. India dan Korea Selatan (15 Agustus)


India dan Korea Selatan mempunyai tanggal kemerdekaan yang sama yaitu pada tanggal 15 Agustus, Pada saat itu India berada pada kekuasaan Kekaisaran Inggris, sedangkan Korea selatan pada saat itu masih berada dalam kekuasaan Jepang .

2. Kirgizstan dan Malaysia (31 Agustus)


Negri Jiran dan Kirgizstan merayakan kemerdekaan tepat pada tanggal 31 agustus, pada saat itu malaysia merdeka melalui kerajaan Inggris tepat 13 Tahun setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, berbeda dengan Kirgizstan, negara asia tengah tersebut merayakan kemerdekaan setelah runtuh nya Uni Soviet pada tahun 1991,

3. Armenia dan Malta (21 September)


Malta adalah salahsatu negara bekas jajahan Inggris yang juga mendapatkan kemerdekaan nya pada tanggal 21 september tapi berbeda dengan Armenia yang dulu adalah bagian dari negara Uni Soviet, pada dasarnya Armenia melakukan Referendum pada tanggal 21 September 1991 sebelum pada akhirnya Uni Soviet hancur dan tiap pada tanggal tersebut para warga Armenia tetap merayakannya sebagai hari Kemerdekaan nya.

4. Oman dan Latvia (18 November)


Kali ini berbeda dengan sebelumnya, Oman meraih kemerdekaan nya pada tanggal 18 November dengan bekerja sama dengan Hindia Timur Inggris untuk mengusir penjajah yang pada saat itu dikuasai Portugal, Sementara Latvia memperoleh kemerdekaan nya dengan Proklamasi yang dilakukan oleh Dewan Rakyat Latvia.

5. Burundi dan Kanada (1 Juli)


Pada hakikatnya sampai saat ini Kanada masih tetap dalam wilayah kekuasaan Inggris, Namun pada tanggal 1 Juli Kanada merayakan "Canada Day" untuk memperingati persatuan 3 koloni pada tahun 1867, Berbeda dengan Burundi yang tiap tanggal 1 Juli memperingati hari kemerdekaan nya yang dahulu merupakan Kerajaan dan berubah saat ini menjadi Republik.


Nah itu adalah beberapa negara yang memiliki tanggal kemerdekaan yang sama, jika kalian menemukan beberapa negara dengan tanggal kemerdekaan yang sama lagi tulis di kolom komentar ya guys.... 

Posting Komentar

0 Komentar