Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingin Jadi Game Designer? Simak Dulu Hal - Hal Berikut!

 

Seperti namanya, game designer merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk merancang konsep dari suatu games. Secara kasar, seorang game designer akan membuat konsep atau rancangan dari suatu game yang ingin diciptakan mulai dari plot sampai tingkat kesulitan dari game tersebut.

Game designer lebih berfokus terhadap design dari game itu sendiri dan bekerja sama dengan tim lainnya untuk melakukan eksekusi terhadap game tersebut dan melakukan test kepada user.


Game Programmer vs Game Designer

Dalam sebuah game development tentu terdapat banyak sekali tim atau departemen yang terlibat. Salah satunya yaitu Game Programmer. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa Game Programmer (bukan Pro Gamer) dan Game Designer merupakan pekerjaan yang sama.

Namun nyatanya kedua profesi tersebut memiliki tugas serta tanggung jawab yang berbeda. Lalu apa yang membedakan programmer dengan designer? Berikut penjelasannya.


Game Programmer



Game programmer biasanya terlibat dalam mengambil spesifikasi design yang sebelumnya telah dibuat oleh game designer, yaitu memasukan art dan design.

Bisa dibilang, mereka membuat program yang sedemikian rupa agar game bisa berjalan sesuai keinginan.

Menjadi game programmer tentunya memerlukan skill-skill seperti matematika, pemahaman logika, skill komputasi dan menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti C#, C++, Python, dll. Ada beberapa hal yang harus diprogram oleh suatu game, yaitu:

1. Memetakan lapisan-lapisan yang terdapat dalam video game.

2. Mengimplementasikan AI untuk Non Player Character (NPC)

3. Menghubungkan beberapa pemain agar bisa bermain dalam game.


Game Designer


Seorang Game designer lebih menekankan segi kreativitas dalam mengembangkan suatu game. Game designer harus bisa memperkirakan apa yang diekspektasikan user dalam sebuah video game. 

Dari situ designer dapat merancang konsep seperti apa dari game yang akan dikembangkan. Lalu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh game designer, yaitu:

1. Merancang struktur suatu game, dari cara mainnya dan peraturan dari game tersebut.

2. Bekerja sama dengan tim lain agar game dapat dibawa ke pasaran.

3. Merancang layout, konsep, dan gameplay.

4. Membuat dan mengatur dokumentasi produk.

5. Designer yang berada di entry-level, biasanya akan fokus ke hal - hal sederhana seperti merancang level design atau mengatur penempatan objek pada game.


Tugas dari Game Designer


Bisa dibilang tugas dari game designer adalah menjadikan konsep dan layout yang telah dirancang sebelumnya menjadi sebuah kenyataan. Hal ini tentunya sering dilakukan melalui eksperimen dan development dari suatu game yang sudah ada.

Bagian konsep yang menjadi tanggung jawab dari seorang game designer adalah:

1. Plot cerita dan storyline

2. Design karakter.

3. Map, skenario, dan difficulty atau tingkat kesulitan.

4. Cara untuk memenangkan game tersebut

5. Merancang User Interface (UI)


Skill yang Harus Dimiliki oleh Game Designer

Jika kamu ingin menjadi seorang game designer, maka kamu harus memiliki beberapa skill - skill penunjang. Dilansir dari Computer Science skill yang harus dimiliki oleh seorang game designer adalah:

Kreativitas

Kreativitas merupakan hal yang sangat penting bagi seorang designer. Mereka harus memiliki berbagai macam ide untuk membuat karya mereka. Hal ini juga berlaku bagi seorang game designer dalam menentukan ide untuk konsep game yang akan mereka kembangkan. 

Technologycal Skills

Game designer tentunya akan berurusan dengan software penunjang yang akan membantu workflow mereka sebagai game designer. Tentunya menguasai software telebih software yang dikhusukan untuk design sangat penting untuk seorang game designer seperti Blender dan Photoshop. Mereka juga perlu memahami penggunaan software game engine seperti Unity ataupun Unreal Engine 4.

Problem Solving

Dalam pengembangan sebuah game, tentunya dilakukan secara bertahap dan proses demi proses. Dan dalam proses tersebut kamu pasti akan menemukan berbagai hal yang tidak terduga dalam proses tersebut. Maka dari itu kamu harus memiliki skill problem solving agar dapat menghadapi segala jenis kondisi atau situasi saat dalam proses pengembangan suatu game. 

Time Management

Dalam pengembangan suatu game pastinya terdapat deadline yang selalu menghantui. Untuk itu, sebagai game designer tentunya kamu harus memiliki time management yang bagus agar game yang dikembangkan dapat selesai tepat waktu.

Attention to Detail

Sebagai seorang game designer tentu harus memperhatikan segala detail yang ada. Satu kesalahan kecil saja dapat merusak experience dari game tersebut. Untuk itu game designer dituntut untuk selalu teliti agar terhindar dari yang namanya bug atau glitches yang bisa saja terjadi dari game tersebut akibat tidak memperhatikan satu detail kecil.


Jenjang Karir sebagai Game Designer

Lalu bagaimanakah jenjang karir dari seorang game designer? Awalnya kamu akan memulai karirmu sebagai junior designer lalu dilanjutkan menjadi designer.

Jika kamu memiliki pencapaian yang bagus kamu bisa naik menjadi senior designer atau lead designer.

Setelah menjadi lead designer kamu juga bisa naik lagi menjadi design director. Akan tetapi setiap perusahaan tentunya memilki tingkatan mereka masing - masing dalam segi posisi. 

Jadi bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang game designer? Tulis pendapatmu di kolom komentar dibawah yaa.....

Posting Komentar

0 Komentar