Ticker

6/recent/ticker-posts

Penting! Sejarah Proklamasi Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui!

Hallo sobat jagad lovers!! Gimana kabarnya hari ini? tentunya harus terus semangat dongg kapanpun dan dimanapun yaa. Hari ini bertepatan pada hari kemerdekaan negara kita tercinta yaitu Indonesia yang ke 75 tahun, ga kerasa yaa negara kita ini sudah merdeka sangat lama tapi kalian masih inget ga sih gimana dulu pak Soekarno memerjuangkan untuk kemerdakan Indonesia? hayooo siapa yang udah lupa? hihihi. Jumat 17 Agustus 1945 adalah hari paling bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, ketika Ir. Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda selama lebih dari tiga setengah abad dan penjajahan Jepang selama tiga setengah tahun, akhirnya rakyat Indonesia mencapai cita-citanya untuk menjadi bangsa yang merdeka. Okedeh saya akan kilas balik mengenai detik detik kemerdekaan Indonesia, yuk check it out!

sumber: google.com

1. Gerakan Nasionalis
Ketika semua perang kemerdekaan regional itu gagal, kaum nasionalis Indonesia mulai memikirkan perjuangan yang lebih terorganisir melawan kolonialisme Belanda. Gerakan ini dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo oleh Dr. Soetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi intelektual Indonesia ini pada awalnya didirikan untuk tujuan pendidikan tetapi kemudian berubah menjadi politik.

Pada tahun 1911, Sarekat Dagang Islam (Perkumpulan Pengusaha Muslim) dibentuk oleh Haji Samanhudi dan lainnya. Tujuannya pada awalnya untuk memotivasi dan mempromosikan bisnis Indonesia di Hindia Belanda. Namun pada tahun 1912, organisasi ini berubah menjadi partai politik dan berganti nama menjadi Sarekat Islam.

Pada Desember 1912, Partai Indonesia didirikan oleh Douwes Dekker bersama Dr. Tjipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantoro (Suwardi Suryaningrat). Tujuan dari partai tersebut adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan penuh Indonesia. Ketiga pemimpin partai tersebut diasingkan oleh pemerintah kolonial pada tahun 1913.

Pada tahun 1924, Perhimpunan Mahasiswa Indonesia (Himpunan Mahasiswa Indonesia) dibentuk oleh Drs. Mohammad Hatta, Dr. Sukiman, dan lainnya. Organisasi ini menjadi penggerak gerakan nasionalis untuk meraih kemerdekaan.

Pada 28 Oktober 1928, delegasi Kongres Pemuda Indonesia di Jakarta mengikrarkan komitmen untuk Satu Bangsa, Satu Tanah Air dan Satu Bahasa. Lagu "Indonesia Raya" pertama kali diperkenalkan pada Kongres Pemuda Indonesia ke-2 oleh komposernya, Wage Rudolf Supratman.

Pada Desember 1929, pemerintah kolonial Belanda menangkap Ir. Soekarno yang memicu protes luas oleh orang Indonesia. Pada tahun 1934, Drs. Mohammad Hatta, Sutan Syahrir dan para pemimpin nasionalis lainnya ditangkap oleh Belanda dan dikirim ke pengasingan.

2. Pendudukan Jepang
Setelah serangan Jepang di Pearl Harbor di Hawaii, Angkatan Bersenjata Jepang menduduki beberapa negara Asia Tenggara. Setelah jatuhnya Singapura, Jepang menginvasi Hindia Belanda dan tentara kolonial Belanda menyerah pada Maret 1942. Soekarno dan Hatta dibebaskan dari tahanan mereka.

Akibat kesulitan yang diderita Jepang akibat pemberontakan Indonesia, pasukan pendudukan Jepang di Indonesia akhirnya menyerah pada pengakuan bendera Merah Putih Indonesia sebagai bendera nasional Indonesia, yang disusul dengan pengakuan bahasa Indoensia sebagai bahasa inti atau bahasa wajib dan lagu "Indonesia Raya" sebagai lagu kebangsaannya. 

3. Proklamasi
sumber: google.com

Kekalahan terakhir Jepang setelah dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 mendorong Jepang untuk menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Ini merupakan peluang yang cukup besar bagi Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Rancangan itu baru disiapkan beberapa jam sebelumnya, pada malam 16 Agustus, oleh Soekarno, Hatta, dan seorang mahasiswa bernama Subarjo. Di Bawah Teks Deklarasi. Berikut adalah teks asli dari proklamasi Indonesia yang dibuat oleh Ir Soekarno.
sumber: google.com

Nahh gimana teman teman berasa kaya flashback ga nih nginget - nginet pelajaran jaman SD? ayoo jangan mau kalah yaa sama anak SD kita harus lebih rajin membaca oke! jangan sampai kita ga hapal yaa sama bagaimana sejarah negara kita bisa merdeka. Semoga ilmunya bermanfaat. 
 

Posting Komentar

0 Komentar