Ticker

6/recent/ticker-posts

Sosok Pahlawan Berkamera Yang Jarang Orang Tau




Halo Jagad readers, mumpung sekarang masih nuansa kemerdekaan kita bahas tentang sejarah yang jarang orang tau yuk. Kalian pasti sering kan melihat foto foto sejarah kemerdekaan Indonesia seperti foto saat Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi. Kalian penasaran gak sih siapa yang mengabadikan moment itu semua? Yuk langsung  kita bahas.

Jadi yang mengabadikan moment kemerdekaan Indonesia tersebut adalah Mendur bersaudara yaitu Alex Mendur dan Frans Mendur, siapakah sosok Mendur bersaudara ini? Mendur bersaudara merupakan wartawan Indonesia yang berasal dari Sulawesi Utara. Alex mendur dan Frans Mendur merupakan wartawan yang diperhitungkan oleh media asing juga loh.

Oiya Jagad readers ternyata perjuangan mereka dalam mengabadikan moment kemerdekaan Indonesia tidak semudah itu loh. Mendur bersaudara sempat diburu oleh tentara Jepang sesaat setelah proklamasi, bahkan Alex Mendur tertangkap dan semua hasil fotonya diambil paksa dan dimusnahkan. Beruntung sang adik yakni Frans Mendur sigap mengubur negative fotonya di dekat sebuah pohon dibelakang kantor mereka. Dan berkata kepada tentara Jepang bahwa negative foto yang dia punya sudah diserahkan kepada barisan pelopor. 

Perjuangan mereka tidak sampai disitu saja Jagad readers, untuk mencetak foto mereka juga harus menyelinap diam diam dimalam hari memanjat pohon dan melompati pagar. Dan akhirnya foto berhasil dicetak dan pada tanggal 18 Agustus 1945 Proklamasi kemerdekaan Indonesia berhasil dimuat di Harian Asia meskipun singkat dan tanpa foto karna telah disensor oleh pihak Jepang. Sungguh heroik sekali yah perjuangan mereka, bayangkan saja jika tidak ada mereka mungkin tidak akan ada dokumentasi foto kemerdekaan Indonesia yang bisa kita lihat sekarang.

Untuk mengenang jasa Mendur bersaudara ini, pihak keluarga Mendur mendirikan sebuah tugu yang disebut “Tugu Pers Mendur” dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Februari 2013 di kota kelahiran mereka Kawangkoan, Sulawesi Utara.




Sumber : Kompas.com,industry.co.id

Posting Komentar

0 Komentar