Ticker

6/recent/ticker-posts

Arsitekstur : Sejarah, Pengertian, Fungsi, Unsur, dan Contoh

 


Sejarah Arsitektur

Arsitektur hadir sebagai akibat dari kebutuhan manusia akan situasi kondusif, aman dan nyaman.


Kemudian diikuti perkembangan pada zaman Mesir Kuno yang memiliki ciri khas pendirian bangunan raksasa seperti istana Firaun.


Pengertian Umum Arsitektur 


Arsitektur adalah seni atau praktik perancangan dan pembangunan struktur dan konstruksi bangunan. Dalam arti yang lebih luas, arsitektur dapat mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan level makro.

Mangunwijaya dan Wastu Citra (1995: 12) mengungkapkan bahwa arsitektur berasal dari bahasa Yunani “archee” dan “tectoon”.


Pengertian Arsitektur menurut para ahli

Djauhari  Sumintardja

Arsitektur merupakan  sesuatu yang dibangun manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya(kenyamanan, ketenangan, dll.

Cornelis  Van  de  Ven

Mengatakan bahwa memberikan  pandangan  mengenai  arsitektur  yang berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan.   Pembaharuan   arsitektur   yang   berlangsung   terus   menerus sebenarnya berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang.

Benjamin  Handler

Arsitek  adalah  seniman  struktur yang  menggunakan  struktur  secara  estetis  berdasarkan  prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

Brinckmann

Arsitektur  merupakan  kesatuan  antara ruang dan bentuk, juga penciptaan ruang dan bentuk.

Fungsi Arsitektur

1. Fungsi Artistik


2. Fungsi Perwadahan

Fungsi perawadahan melihat arsitektur dari segi fisik. Yaitu suatu ruang yang bisa mewadahi aktivitas tertentu, sehingga yang ada di dalamnya bisa merasakan keamanan dan kenyamanan.

3. Fungsi Modifikasi


4. Fungsi Filter Lingkungan

Fungsi filter liingkungan dalam arsitektur berfungsi sebagai suatu alat filterisasi untuk lingkungan.

5. Fungsi Pembentuk Perilaku

arsitektur memiliki fungsi atau kemampuan untuk melakukan modifikasi, membentuk dan bahkan memanupulasi suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang, yang melakukan interaksi aktif dengan bentuk dari arsitektur.

6. Fungsi Investasi Modal

arsitektur juga memiliki tujuan guna mendatangkan keuntungan. Sedangkan investasi yang disebutkan di atas adalah sebuah usaha memanfaatkan sumber daya yang ada.


Unsur - Unsur Arsitektur


Unsur Fisik


Unsur fisik arsitektur berupa bentuk dan ruang, disini harus diperhatikan bagaimana sistem dan struktur yang diterapkan, apa saja teknologi yang dipakai.


Unsur Penerimaan


Berlawanan dengan unsur fisik, ini adalah unsur psikologis dari suatu arsitektur.

Contoh arsitektur

1. Arsitektur Komputer

Dalam teknik komputer, ada yang namanya arsitektur komputer. Ini merupakan konsep untuk merencanakan dan menyusun perangkat dasar pada sistem komputer.

2. Arsitektur Desain

Desain arsitektur ini sangat erat kaitannya dengan perancangan sebuah bangunan. Karena yang dimaksud disini berarti sebuah gambaran imajinatif yang kemudian direalisasikan.


Terima kasih telah mengunjugi website kami semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda dan dapat di gunakan untuk menambah pengetahuan anda.

Posting Komentar

0 Komentar