Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Intip! Sejarah Nabi Muhammad SAW Dalam Memperingati Maulid Nabi

Ada yang tau gak nih tahun ini Maulid Nabi jatuh pada tanggal dan bulan apa? Terkait kelahiran Nabi Muhammad SAW sendiri memang ada dua pendapat nih. Yang pertama para ulama bersepakat, Rasulullah diyakini lahir pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Pendapat kedua disebut Nabi Muhammad SAW lahir pada 9 Rabiul Awal Tahun Gajah. Umat Islam memperingati Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada hari ke-12 bulan ketiga Islam Rabiul Awal. Nah, untuk kali ini bertepatan pada hari Kamis, 29 Oktober 2020.  

Nabi Muhammad lahir dari seorang ibu bernama Aminah dan seorang ayah bernama Abdullah. Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal di Makkah, sebuah kota di wilayah Saudi Arabia pada tahun 570 Masehi. Ibunya telah meninggal dunia karena sakit pada tahun 576 Masehi. Setelah kematian ibunya, Muhammad dibesarkan oleh pamannya, Abu Thalib sampai dewasa. Nama Muhammad diberikan oleh Abdul Mutalib yaitu kakek nya. Abdul Mutalib membawa Muhammad masuk ke dalam Kakbah, lalu seekor kambing disembelih sebagai bentuk akikahnya. 

Nabi Muhammad tumbuh sebagai seorang yatim. Ayahnya meninggal saat belum genap bersia 3 tahun. Saat Nabi lahir, tak ada yang mau menyusuinya karena tergolong miskin. Seorang ibu lah yang bernama Halimah Sa'diyah dengan ikhlas mau menyusui Muhammad meski ASI-nya sulit keluar. Karena keikhlasan Halimah pun diberi balasan oleh Allah SWT. Kedelai kurus milik Halimah menjadi berisi dan ASI-nya kembali lancar. 

Posting Komentar

0 Komentar