Ticker

6/recent/ticker-posts

Budaya pop jepang yang banyak digemari orang indonesia.


Kalian pasti  tau anime, manga, dan cosplay di indonesia sudah sangat populer, begitu pula ga sedikit orang mengadakan event untuk memperlihatkan hal menarik yang ada di jepang. Tapi kalian udah tau blm sih, awal masuk budaya jepang dan beberapa hal yang paling terkenal tentang jepang yang ada di indonesia? Disini saya mau jelasin artikel tentang “Budaya pop jepang yang banyak digemari orang indonesia”. 

Jepang, yang dikenal akan gunung fuji dan bunga sakura 

Apa itu Budaya pop Jepang? 

Budaya pop jepang (J-Pop) awal masuk ke indonesia pada tahun 1990-sampai sekarang. Budaya pop jepang dengan sebutan terkenalnya yaitu J-Pop adalah sebutan untuk produk-produk budaya tradisional jepang, mulai dari komik, lagu, pakaian, makanan, hingga yang berbau teknologi sekalipun. Di indonesia sendiri jepang terkenal akan Anime dan Manga itu tersendiri, kepopuleran ini bahkan sudah sejauh lama bahkan sampai saat ini.  

Maka dari itu tak heran kebanyakan otaku difokuskan dalam event budaya jepang di indonesia karena terus berkembang kreatifitasnya. Otaku merupakan sebutan pecinta jepang entah dari komik, lagu, ataupun anime itu sendiri. Sebagai bentuk apresiasinya mereka akan meniru tampilan yang ada dalam manga, anime, ataupun game jepang  dan dari meniru tampilan tersebut muncul budaya yang sering disebut Cosplay. Budaya ini mulai berkembang sangat pesat di jepang hingga keluar negeri termasuk Indonesia. Dan orang yang sangat menyukai cosplay ini dikenal sebagai cosplayer, seluruh cosplayer yang ada di Indonesia disatukan di Komunitas Cosplay Indonesia.


5 J-Pop yang dikenal orang indonesia.

Cosplay 

Tampilan dandanan yang tidak biasa di indonesia ini termasuk salah satu pop japan yang digemari sedikitnya orang indonesia, meski sedikit ribet dan tak biasa justru untuk para cosplayer sendiri ini mereka akan berusaha sebisa mungkin agar mirip dengan tokoh sesuai yang ia gemari, saat ada event seringkali kita melihat para cosplayer memeriahkan suasana. Adapun lomba yang memberikan hadiah yang begitu menggiurkan. 

Cosplayer, adalah panggilan orang yang gemar cosplay 

Anime

Anime sendiri merupakan animasi atau kartun. Jepang sendiri terkenal akan anime dan kartun ini tidak hanya di indonesia saja bahkan ke seluruh negeri dengan ditambahnya sudah ada dengan bahasa negara itu sendiri. Alur cerita, tokoh tiap karakter, grafis, dan dubbing tiap karakter sudah atur sedemikian rupa agar terlihat menarik setiap dalam pembuatan anime tersebut. Tidak heran jika event ini akan selalu ada penantinya tidak mengenal umur dari anak-anak, remaja, dewasa ada saja yang menyukai anime ini. 

Kimi no na wa, termasuk anime yang paling populer 

Video games 

Nintendo merupakan video yang sangat populer di jepang. Games ini diciptakan tahun 1995 lalu oleh Satoshi Tajiri dan menjadi games paling populer di dunia dan pada saat itu Nintendo menjadi video game populer dikalangan anak pada jaman 90-an. Seiring perjalanan waktu banyak modifikasi dalam nintendo yang semakin modern yang diantaranya saat ini adalah Switch.

Nintendo Switch

Manga 

Di indonesia sendiri manga dikenal sebagai komik, dan di jepang komik adalah manga. Budaya ini sudah cukup terkenal di indonesia, bahkan banyak penggemar manga sendiri yang mencoba membuat manga sendiri. Manga memiliki khas tersendiri berbeda dengan komik indonesia ataupun manhwa (komik korea) yang mana pada tokok perempuan memiliki wajah imut dan mata yang besar.

One Piece, Dragon Ball dan Naruto merupakan manga terkenal hingga saat ini 

Makanan 

Banyak hal nya di indonesia, beraneka macam makanan jepang yang sangat populer termasuk Sushi, ramen dan onigiri. Setiap kota di indonesia pasti selalu ada restoran jepang, baik dari restoran biasa sampai restoran kelas atas. 

Saat berbicara tentang jepang, pikiran kita akan fokus terhadap japan pop culture. Penerapannya sudah lama diterapkan melalui berbagai event kebudayaan dari universitas di tanah air ataupun dari duta besar jepang yang ada di tanah air.

Sushi, salah satu makanan khas jepang 


Posting Komentar

0 Komentar