Ticker

6/recent/ticker-posts

Kerjanya Cuma Main Game? Inilah yang Dikerjakan Game Tester!


 Apa Itu Game Tester?

Game Tester merupakan seseorang yang bekerja untuk perusahaan video game yang bertugas melakukan test pada sebuah game sebelum versi final dari game tersebut dirilis ke publik. Biasa disebut Beta Tester, Game Tester akan mendapatkan versi dari sebuah game yang mendekati versi finalnya. Mereka harus memainkan game tersebut beberapa kali, dari awal sampai akhir, untuk mencari bug ataupun glitch yang terdapat dari game tersebut. 

Tanpa Game Tester, bug ataupun glitch akan menghantui sebuah game yang pada akhirnya dapat menyebabkan game tersebut unplayable dan bahkan menghancurkan reputasi dari perusahaan studio game tersebut. 

Game Tester sangat dibutuhkan di berbagai platform dan genre. Tester akan memainkan game tersebut diberbagai platform seperti Xbox One, Playstaion 4, Nintendo Switch, ataupun PC. RPG, MMORPG, action games, dan learning games adalah beberapa genre yang harus dimainkan oleh Game Tester dan dievaluasi secara menyeluruh sebelum dirilis.


Apa yang Dilakukan Game Tester?



Game Tester akan menerima salinan atau copy dari suatu game untuk menguji game secara menyeluruh sebelum dirilis ke publik. Mereka harus menavigasikan semua menu untuk memastikan semuanya bekerja dengan benar dan membawa pemain ke sub-menu atau stage dalam game tersebut. Jika game tersebut memiliki lebih dari satu tingkatan permainan seperti beginner, intermediate, atau advanced, maka tester harus memainkan seluruh tingkatan tersebut dari awal hingga akhir untuk mencari berbagai glitch ataupun bugs yang ada dalam game tersebut. Jika game memilki lebih dari satu tipe karakter, maka tester harus memainkan setiap karakter atau avatar tersebut. 

Selama memainkan sebuah game, tester akan mencoba untuk menemukan bug tersembunyi dengan mencoba setiap kemungkinan gerakan atau keputusan yang biasanya akan dilakukan pemain selama bermain game secara normal. Tester bahkan mungkin akan mencoba untuk melakukan hal-hal dalam game yang mungkin tidak dilakukan oleh pemain biasa ketika memainkan game tersebut, seperti mencoba terjebak dalam dinding atau halangan dalam game. Jenis bug seperti ini biasa disebut clipping. Saat karakter terjebak, pemain tidak akan bisa membebaskan karakter tersebut sehingga pemain tidak bisa melanjutkan game tersebut. Dalam hal ini tentu tester akan mencatat hal ini sebagai kecacatan dalam sebuah video game.

Setelah menemukan bug atau glitch di dalam game, tester harus menulis deskripsi mengenai apa yang terjadi serta menjelaskan bagaimana cara menemukan bug tersebut. Setelah mengirimkan informasi ini ke programmer, tester akan menguji versi game yang telah diperbaiki demi menciptakan versi yang lebih stabil dari game tersebut.


Seperti Apa Tempat Kerja Seorang Game Tester?


Seorang Game Tester biasanya bekerja dari rumah, meskipun ada juga beberapa Game Tester yang bekerja langsung di tempat perusahaan studio game tersebut. Tester tidak memilki jadwal harian yang ditetapkan, tapi saat mereka menerima salinan dari suatu game, mereka mungkin sering kali harus mematuhi deadline ketat untuk berbagai bagian dari beberapa game. Game developer biasanya akan menetapkan tanggal rilis untuk game mereka, sehingga tester harus memberikan segala informasi mengenai masalah dari game yang diuji secepat mungkin.





Game Tester menghabiskan banyak waktu didepan layar televisi ataupun layar komputer dan melakukan gerakan berulang dengan tangan mereka. Meskipun kantor atau ruang yang ditugaskan khusus untuk pekerjaan pengujian game tidak diperlukan, penting bagi gamer untuk bekerja di lingkungan yang tenang dan santai untuk mencurahkan perhatian penuh mereka pada game tersebut.


Skill yang Harus Dimilki oleh Seorang Game Tester



Banyak skill yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang Game Tester, tapi hal terpenting yang harus kamu miliki adalah pengalaman kamu dalam memainkan sebuah video game. Kamu harus mengerti berbagai genre dari sebuah game, tahu apa yang membuat sebuah game menjadi bagus, memahami mekanisme dari sebuah game, dan memahami inti dari sebuah permainan dalam game. Bagaimanapun, itu adalah hal dasar untuk menjadi Game Tester.

Mungkin kamu akan terkejut bahwa keterampilan menulis dan komunikasi yang kuat adalah hal penting bagi seorang Game Tester yang baik. Kemampuan untuk menulis dengan jelas, singkat, dan efektif akan membantu kamu mendeskripsikan bug atau glitch yang kamu temukan dan cara menemukannya. Tulisan kamu yang jelas akan memberi developer petunjuk yang jelas untuk mengatasi masalah dan membuat perbaikan. Kamu tidak harus menjadi penulis yang puitis dan penuh warna, kamu harus menjadi komunikator yang jelas, ringkas, dan detail.

Sebagai Game Tester, kamu harus memilki kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Meskipun kamu tidak perlu memecahkan masalah spesifik pada suatu game, kamu harus membuat ulang beberapa kali urutan spesifik yang menyebabkan glitch atau bug dalam game. Menemukan bug memanglah simpel, tetapi menjelaskan kembali langkah - langkah dalam menemukan bug tersebut akan menjadi sebuah tantangan.

Pengetahuan yang luas tentang video game dan genre yang berbeda bisa menjadi aset yang bagus. Jika kamu hanya tahu cara bermain game shooter, misalnya, kamu akan dibatasi di perusahaan dan produk yang dapat kamu kerjakan.

Namun, jika kamu memiliki keahlian dalam berbagai jenis game, dan pada berbagai platform  dari konsol game hingga mobile kamu akan memiliki lebih banyak peluang di bidang ini.

Walaupun sebagian besar pekerjaan Game Tester adalah mencari kesalahan teknis atau pemrograman, tester juga akan diminta untuk mengevaluasi konsistensi alur cerita game. Jadi pemahaman tentang struktur naratif dan mengingat detail cerita juga akan membantu kamu dalam pekerjaan ini.

Kemampuan berpikir kritis, komunikasi yang baik, kemampuan menulis teknis, dan pengalaman bermain game, semuanya diperlukan untuk pekerjaan sebagai Game Tester. 


Kesimpulan

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa game tester adalah orang yang bertugas untuk mencari bug ataupun glitch yang terdapat dalam suatu game sebelum game tersebut dirilis ke publik. Seorang Game Tester pun juga bertugas untuk menuliskan kembali bug atau glitch yang ditemukan beserta dengan bagaimana cara menemukan bug atau glitch tersebut. Sehingga seorang Game Tester perlu memilki kemampuan menulis serta komunikasi yang baik.

Itu dia penjelasan mengenai Game Tester, apakah kalian tertarik untuk menjadi Game Tester? Tulis pendapat kamu di kolom komentar yaaa....

Posting Komentar

0 Komentar