Ticker

6/recent/ticker-posts

Live Streaming Menggunakan OBS Itu Mudah!


JagadMedia — Kamu merasa seorang yang pede untuk tampil di depan kamera? Hobi bermain game? Boleh nih untuk kamu yang ingin sambil mencari banyak teman sambil melakukan live streaming.

Pertama, Apa sih live streaming itu? Mereka merupakan orang-orang yang biasanya bermain game,secara langsung. Kebanyakan orang melakukan live streaming bermain game pada platform Twitch atau Youtube. Sudah banyak beberapa gamers yang menjadi orang terkenal bahkan bisa menghasilkan uang dengan bermain game sambil live streaming.

Nah, dalam artikel ini, saya akan membahas tentang cara melakukan live streaming menggunakan software Open Broadcaster Software atau yang biasa kita kenal dengan OBS. Yuk ikuti langkah dibawah!

Persyaratan Sistem yang Dibutuhkan:

  • Kompatibel dengan OS atau Sistem Operasi Windows, Mac, dan Linux
  • Kartu Grafis AMD FX Series atau Intel i5 2000-series prosesor (dual atau 4-core) atau DirectX 10.
  • 4 GB RAM.
1. Instalasi dan Menjalankan OBS

Download software OBS dan lakukan instalasi normal pada operating sistem yang kamu punya.


Lalu setelah anda menjalakan software tersebut akan muncul tampilan seperti ini.

2. Menyiapkan Perekaman Layar

OBS menggunakan sistem Scenes dan Sources, lalu kita kan membahan lebih dalam lagi tutorialnya. Saat kamu pertama menjalankan OBS, kamu akan menemukan bahwa ada sebuah scene yang sudah dimasukan secara bawaan, yang bisa kamu liat di bagian sudut kiri bawah pada gambar berikut.


Sebelum kamu dapat merekam, kamu perlu menambahkan sebuah source di dalam scene pada gambar diatas. Klik "scene" lalu klik tombol "+" yang terletak di dalam kolom "source", lalu pilih "screen capture". 


Lalu klik "ok" pada box yang muncul.


Dan klik "ok" pada popup yang muncul selanjutnya.


Untuk sekarang, klik "settings" pada bagian kanan bawah interface dalam gambar berikut.


Lalu pilih tab "output" dan isikan dalam kolom "recording path". Ini ada direktori tujuan di dalam komputer kamu dan letak dimana video kamu yang terekam akan disimpan.


Pilih lokasi untuk tujuan video kamu.

3. Mulai untuk Merekam

Saat kamu sudah siap untuk merekam, klik tombol "start recording" pada bagian kanan bawah.

Setelah kamu merasa sudah cukup untuk merekam, klik "stop recording". Lalu video yang telah kamu rekam tadi akan tersimpan dalam folder direktori yang sudah kamu atur sebelumnya.


Jadi begitu deh sobat Jagadians untuk tutorialnya, nah kalian sudah siap untuk memulai live streaming? Kalau masih bingung tanyakan saja pada kolom komentar ya! Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya!

Posting Komentar

0 Komentar