Ticker

6/recent/ticker-posts

Logo Apple dari Masa ke Masa


Apple adalah salah satu produsen elektronik teratas dunia. Kita sudah tau bahwa produk yang mereka ciptakan selalu sukses besar. Produknya meliputi smartphone, laptop, komputer, software, dan layanan online lainnya. Logonya sangat unik seperti apel yang tergigit.  Namun apakah kita tau sejarah dan makna dari logo apple yang produknya bahkan kita pakai atau kita idamkan? 


Logo 1976 Newton Crest lebih merupakan karya yang layak mendapat tempat di dinding galeri seni daripada logo. Logo Apple ini dibuat oleh Steve Jobs dan Ronald Wayne. Logo itu menggambarkan Issac Newton duduk di bawah pohon apel dengan apel tergantung tepat di atas kepalanya. Ada pita yang melingkari gambar dengan "Apple Computer Co." tertulis di atasnya. Logo ini tidak akan bertahan setahun. Steve Jobs mengatakan dia menginginkan logo yang lebih sederhana, lebih menarik, dan lebih modern daripada yang pertama. 


Rob Janoff, seorang desainer grafis, menyarankan gambar apel dengan “gigitan”, sehingga tidak tertukar dengan buah-buahan lainnya. Sebuah logo, yang hampir sama dengan yang sekarang (kecuali warna) diperkenalkan pada tahun 1976 dan ada sampai 1998. Logo 1976-1998 adalah apel dengan garis-garis pelangi. Ada beberapa alasan untuk itu: Steve Jobs ingin orang "berpikir berbeda", karena warna diatur dalam urutan yang berbeda dari pelangi. Selain itu, dia berusaha keras untuk memanusiakan simbol dan menekankan spesialisasi perusahaan dalam grafik warna. Terakhir, logo berwarna akan lebih mencolok dan mudah diingat. 

Menurut Janoff, “gigitan” pada logo Apple awalnya diterapkan agar orang tahu bahwa itu mewakili apel, bukan tomat ceri. Ini juga cocok untuk permainan kata kutu buku (bite / byte), referensi yang cocok untuk perusahaan teknologi.


Logo saat ini, yang diketahui semua orang, tidak dibuat hanya karena Steve Jobs selalu ingin mengubah keadaan. Ketika Jobs kembali ke Apple pada tahun 1997, perusahaan mengeluarkan uang, dan Jobs and Co. menyadari bahwa logo Apple dapat dimanfaatkan untuk keuntungan mereka. 

Jika bentuk logo Apple dapat dikenali secara universal, mengapa tidak meletakkannya di tempat yang bisa dilihat orang? Ketika Apple merilis iMac pertama mereka, Bondi Blue, logo diubah dan warna pelangi diabaikan. Logo berwarna pelangi akan terlihat konyol, kekanak-kanakan, dan tidak pada tempatnya di komputer biru langit.

Logo tersebut kemudian terlihat metalik dengan emboss, yang diterapkan pada banyak produk mereka. Logo bertema "Glass" adalah evolusi berikutnya untuk logo tersebut. Saat ini, perusahaan menggunakan logo Apple "Milenial" datar yang lebih modern. Logo ini hadir dalam 3 warna; perak, putih dan hitam. Logo apel milenial sekarang menjadi salah satu logo tertipis dan terkenal di dunia. Keputusan Steve Jobs untuk mempekerjakan Janoff, dan menggunakan logo bergaya minimal (yang saat ini sedang dalam mode dan mungkin telah memulai kegilaan logo "datar") adalah pilihan jenius lainnya oleh pendiri yang penuh teka-teki.

Posting Komentar

0 Komentar