Ticker

6/recent/ticker-posts

Wow ini dia sejarah tentang Masjid yang dulunya Gereja

Assalamualaikum sobat jagad gak kerasa udah di hari jumaat aja gimana ni kabar sobat jogad? Semoga dalam keadaan baik baik saja ya . Tetap kudu jaga kesehatan ya dimasa pandemi Abdul Covid ini hehehe Covid-19 Maksudnya.

Baiklah lets go to our tiitle above , apakah sobat jagad udah pada tau kalau ada mesjid yang dulu nya itu adalah sebuah gereja? “ha masak sih iya ada?” apakah ada terlintas di pikiran sobat jagad pertanyaan seperti itu?

Baiklah nama mesjid yang udah kita bahas diatas ialah Masjid Agung Ummayah , salah satu mesjid yang sangat memiliki arti banyak bagi umat islam di dunia apakah teman teman tahu dimana letak mesjid ini? Mesjid ini berada di Suriah lebih tepatnya mesjid ini berada di daerah damaskus
Masjid Agung ummayah ini berdiri pada kisaran tahun 635 SM( Sebelum Masehi) nah pada waktu itu mesjid ini berdiri dibawah kepemimpinan daripada Khalid bin Al-walid.

“Loh itu dimana bagian yang ngejelasin kalau mesjid itu dulu ialah gereja?” waduhhh kalem sob kalau ada kepikiran  pertanyaan seperti itu disini bakalan aku kasih tau sejarah singkat nya ya
Jadi dulu itu sebelum di jadikan mesjid bangsa romawi berhasil menguasai daerah tersebut dan tempat ini pun dijadikan seebagai tempat mereka beribadah dengan menyembah dewa yang bernama Jupiter , nah pada abad berikut nya di dirikan lah gereja yang diberi nama dengan nama Gereja St John Baptist Basilika, nah namun pada saat itu toleransi sangat di junjung tinggi oleh Khalid bin Walid dengan membagi dua area yang dimana satu untuk umat islam beribadah dan satu lagi untuk umat kristiani beribadah .

Namun dengan berjalan nya waktu dan meningkatnya populasi islam di damaskus dan tempat beribadah yang kurang cukup akhirnya pada saat itu Khalifah Al-Walid Bin Abdul Malik memtuskan untuk membuat area semua itu menjadi masjid, dengan diskusi yang sangat panjang akhirnya akhirnya di bangunlah Masjid Agung Ummayah .

Gimana sob? Asik kan ya? Semoga dengan adanya artikel ini bisa nambah pengetahuan sobat jagad deh , yah kayanya udah sampai sini aja ya untuk kali ini nanti kita jumpa lagi di minggu depan ya . Eh iya jangan lupa tinggalkan komentar di artikelnya ya

See youuu sobat jagad.

Posting Komentar

0 Komentar