Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Perkembangan Kamera dari Tahun ke Tahun


Hai teman teman jagad! kalian pasti udah ga asing dong sama kamera? siapa sih yang ga tahu soal barang elektronik yang belakangan ini sedang hits baik dikalangan masyarakat terutama anak muda. Nah belum afdhol nih kalo kita cuman jadi pemakai kameranya saja tapi kita ga tahu gimana sih sejarah dari kamera yang kita gunakan. Disini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai macam macam kamera dan sejarahnya, yuk check it out!


1. Kamera Obscura



sumber: stepfeed.com

Jadi guys diawal abad ke-11, sebenarnya gagasan untuk membuat kamera sudah dikembangkan. dari seorang ilmuwan dari Irak bernama Ibn Al-haytham beliau membuat catatan tentang kamera obscura. Gambar apapun yang ditunjukkan lensa muncul pada permukaan kertas di dalam kotak. Beliau juga membuat sebuat buku tentang perkembangan kamera yang semakin modern

2. Kamera Daguerreotypes dan Calotypes 

sumber: google.com


Pada saat itu, kata fotografi mulai digunakan untuk menggambarkan industri baru ini. Sejak 1839 dan seterusnya, proses pelat logam populer yang dikenal sebagai daguerreotype membuka campuran seni dan teknologi ini kepada massa. Meskipun dengan menggunakan salah satu proses fotografi pelat logam yang lebih mudah, hasilnya masih berantakan, mahal, membutuhkan waktu yang lama dan agak berbahaya.

3. Kodak 1888 
sumber: google.com

George Eastman seorang master fotografi dari Rochester, New York menemukan sebuah gagasan yaitu penggunaan gulungan film untuk sebuah kamera. Bentuknya yang sederhana, mudah digunakan, dan pasarkan sebagai produk yang menyenangkan membuat gulungan film tersebut menjadi disenangi dimasanya. Eastman Kodak menjadi kekuatan pendorong dalam fotografi di seluruh dunia. Dia memperkenalkan banyak format film yang berbeda, baik dalam gulungan dan lembaran, serta kamera untuk pemula, penggemar, dan fotografer profesional.

4. 35mm SLRs: 1957 & 1959 
sumber: google.com

Sementara banyak format film dan kamera yang ada, 35mm menjadi salah satu format paling populer dalam sejarah fotografi kita. Pada tahun 1957, kamera refleks lensa tunggal melihat tingkat pertama dengan cermin pengembalian instan diperkenalkan oleh Asahi Optical dari Jepang, yang disebut Pentax.Tahun 1959 menyaksikan pelepasan Nikon F, SLR 35mm kaliber profesional dengan seluruh sistem lensa, drive motor, dan aksesori lain di sekitarnya.SLR 35mm menjadi salah satu jenis kamera utama untuk gambar foto. Faktor bentuk dan format gambar mereka masih merupakan salah satu kekuatan yang lebih dominan dalam fotografi digital modern.

5. Digital Reigns Supreme: 1975 - Sekarang 
sumber: google.com

Sejarah fotografi terus berlanjut hingga hari ini dengan mengedepankan dunia digital. Digital adalah media yang fantastis untuk fotografi karena semua format yang beragam, opsi penyimpanan dan tampilan, dan kemudahan mentransfer gambar. Di antara kamera digital pertama tahun 1980-an dan 1990-an beberapa kamera memiliki gaya menembak titik dari pembuat komputer dan produsen kamera yang lebih besar. Pada tahun 2004, sensor pada Canon EOS 1D Mark II telah melampaui kekuatan penyelesaian dari film slide Kodachrome standar industri sebelumnya.

Nah gimana teman teman semua udah pada tahu kan bagaimana perkembangan kamera dan tahun ke tahun? Keren banget ya! semakin maju teknologi maka semakin canggih juga kamera yang dibuatnya. Kita sebagai penerus bangsa jangan cuma tahu pakai saja ya tapi kita juga harus tahu secara garis besarnya bagaimana proses kamera berubah dari yang awalnya sangat sederhana sampai memiliki berbagai fasilitas yang sangat canggih. Semoga ilmunya bermanfaat ya! 

Posting Komentar

0 Komentar