Ticker

6/recent/ticker-posts

Tips Buat Kamu Yang Lagi Belajar Bahasa Pemrograman Baru!

Sumber: spectrum.ieee.org

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang kita gunakan untuk memberikan instruksi pada komputer. Instruksi tersebut akan diterjemahkan oleh komputer untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Dapat dikatakan bahwa belajar bahasa pemrograman itu susah-susah gampang, tergantung dari seberapa jauh kamu ingin belajar bahasa pemrograman tersebut. Nah, buat kamu yang sedikit kesulitan saat mulai belajar sebuah bahasa pemrograman, berikut adalah tips yang bisa kamu coba!

 

1. Niat

Dalam memulai hampir segala hal, niat dan doa itu nomor satu. Dalam kasus ini, niat lebih merupakan alasan mengapa kamu belajar bahasa pemrograman tersebut. Apakah untuk sebuah proyek kah? Untuk mencari pengetahuan baru kah? Atau hanya untuk membuat CV-mu terlihat lebih ramai? Sebenarnya, selama niat itu baik, tidak masalah apapun alasanmu memulai. Tapi, jika kamu kesulitan menemukan sebuah alasan dan niatmu mulai goyah, ingatlah bahwa dunia akan selalu membutuhkan seorang Progammer terlepas dari bahasa apapun yang dikuasainya.


2. Durasi Belajar

Tidak ada batasan waktu tertentu bagi seseorang untuk belajar hampir segala hal, termasuk belajar bahasa pemrograman baru. Ada orang yang dapat menguasai sebuah bahasa pemrograman dalam waktu sebulan, ada yang enam bulan dan ada juga yang setahun. Terlepas dari banyaknya waktu yang mereka gunakan, mereka tidak pernah berhenti belajar. Semakin sering kamu berurusan dengan bahasa pemograman tersebut, kamu akan semakin ahli. Tapi, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk belajar dalam satu hari, kamu bisa mengalami Burnout!


3. "Teman" Belajar

Ada dua jenis teman dalam konteks ini, cemilan dan manusia. Dalam belajar, kamu akan menguras banyak energi karena otakmu sedang memproses banyak informasi baru, jadi kamu akan butuh asupan makanan ringan untuk menjaga otakmu tetap ternutrisi. Di sisi lain, mempunyai teman manusia yang sama-sama sedang belajar bahasa pemrograman adalah nilai plus buatmu. Selain bisa saling mendukung, mempunyai teman yang sama-sama baru memulai akan memberikanmu motivasi untuk terus bersaing.


4. Reward

Tentu saja ketika kita sedang belajar, kita harus fokus, tidak boleh ada HP dan gangguan lainnya. Terkadang, orang tidak tahan ingin melakukan aktivitas lain, hal ini dapat dimengerti. Untuk mendisiplinkan diri, kamu bisa menyiapkan suatu Reward yang bisa kamu peroleh jika kamu sudah mencapai tahap tertentu. Misalnya, jika kamu sudah menguasai sebuah Package, kamu bisa nonton film sepuasnya sebelum mulai belajar lagi.


5. Guru

Meskipun banyak orang melakukan Self-taught atau belajar sendiri untuk menguasai sebuah bahasa pemrograman, bukan berarti kamu tidak bisa menghadirkan sosok guru dalam usahamu. Guru tidak hanya sebatas orang yang kamu lihat di tutorial, namun bisa juga orang yang sudah sukses dan diapresiasi tinggi dari bahasa pemograman yang sudah dikuasainya. Ada banyak orang seperti itu dalam dunia profesional dan beberapa dari mereka menceritakan bagaimana perjuangan mereka ketika dalam proses belajar dulu. Jejak-jejak itulah yang dapat kamu ikuti, tidak peduli berapa banyak guru yang kamu temui di tutorial online-mu, kamu tetap punya satu orang yang kamu jadikan panutan.


Dalam proses belajar, wajar-wajar saja jika kamu menemukan banyak kesulitan, persis seperti yang telah dilalui pendahulu-pendahulumu. Namun, jika kamu tetap menjaga niat dan memberikan dedikasi tinggi pada bahasa pemograman yang kamu sedang pelajari, kesulitan-kesulitan tersebut akan berubah menjadi ilmu nantinya. Dan ingat, jangan paksakan dirimu jika kamu tidak ingin Burnout!

Posting Komentar

0 Komentar