Ticker

6/recent/ticker-posts

Whoa! Summer Wars, Film Keluarga dan Kekacauan Cyber


JagadMedia - Halo semuanya dalam artikel kali ini penulis bakal membahas sebuah film animasi dari Hasoda Mamoru, Summer Wars. Sebagian dari kalian mungkin tidak merasa asing akan sosok Hasoda Mamoru, seorang sutradara dibalik film-film animasi seperti Mirai, The Boy and the Beast, Wolf Children, atau bahkan film Digimon Adventure pada tahun 1999. Summer Wars film yang dirilis pada tahun 2009 dengan genre Sciene Fiction. 

Poster Film Summer Wars
Source : IMDB

Sinopsis 

Berkisah tentang kehidupan masyarakat modern dengan dunia virtual bernama OZ yang menjadi media komunikasi. Dikisahkan hampir seluruh penduduk bumi telah menggunakan OZ, tidak hanya sekedar menjadi alat komunikasi OZ juga menjadi sarana untuk menjalankan bisnis, belanja online, membaca, atau bahkan bekerja. Keamanan sistem dari OZ membuatnya dipercaya untuk terintegritas dalam berbagai sistem lain. 

Koiso Kenji seorang pelajar tingkat SMA berumur 17 tahun mendapat pekerjaan paruh waktu untuk berpura-pura menjadi kekasih Natsuki dan menemaninya pulang ke kampung halaman unruk menghadiri ulang tahun ke-90 neneknya. Ketika Kenji pergi menemani Natsuki ia secara tidak sadar telah memecahkan sebuah kode enkripsi yang didapatnya dari email misterius yang kemudian diketahui merupakan kode enkripsi kemamanan sistem dari OZ.

Avatar King Kazma
Source : IMDB

Sistem keamanan OZ yang telah berhasil dibobol kemudian dikacaukan oleh sebuah A.I bernama LoveMahcine. LoveMachine merebut akun demi akun orang-orang untuk mengakses network dari OZ, hal tersebut membuat kehiodupan dunia nyata ikut kacau. Kenji yang menjadi tersangka dibalik kekacauan tersebut berusaha melawan balik LoveMachine dengan bertarung didalam dunia virtual OZ dibantu oleh Avatar petarung terkenal King Kazma. 


Bukan Hanya Pengembangan Konsep dari Bokura no War Game

Bagi kalian penggemar series Digimon tentu kalian pasti merasakan kemiripan konsep ceritanya dengan film Digimon Adventure : Bokura no War Game. Iyup kalian tidak salah, karena memang film Digimon tersebut merupakan karya dari Hasoda juga. Film yang menjadi debut Omegamon tersebut bercerita tentang terror Diablomon yang memakan data didunia digital dan mengacaukan dunia. Hasoda mengembangkan konsep  tersebut dan menciptakan Summer Wars, mengganti para Digimon dengan Avatar OZ dan sosok Diablomon dengan A.I LoveMachine.

Avatar OZ para anggota keluarga besar Natsuki
Source : amazon.co.uk

Hasil pengembangan konsep tersebut menghasilkan sebuah film animasi yang tidak mengecewakan. Jika film Digimon Adventure : Bokura no War Game merupakan sebuah film Shounen pertemanan yang mengutamakan perjuangan Taichi dan kawan-kawan mengalahkan Diablomon, Summer Wars lebih menekankan unsur keluarga dalam ceritanya. Iyup kalian akan bisa mengerti hal terebut ketika kalian telah menonton kedua film tersebut. Penulis sendiri merupakan salah satu orang yang sangat penyukai Digimon, namun pengalaman menonton Summer Wars benar-benar terasa sangat berbeda. Hasoda berhasil menata Summer Wars dengan sangat baik hingga membuatnya tidak hanya terasa sebagai sebuah hasil pengembangan namun menjadi sebuah karya tunggal yang benar-benar berdiri sendiri.

Animasi, Alur Cerita dan Soundtrack yang Keren

Yup jika kalian mengenal Hasoda maka kalian apsti tahu akan ciri khas dari tampilan gambar animasinya. Ha tersebut semakin menarik dengan perbedaan tampilan grafis antara dunia nyata dengan dunia virtual. Gaya tampilan yang berbeda ini menjadi nilai tambah tersendiri pada film, karena jujur deh animasi adegan bertarung King Kazma sama Love Machine tuh keren banget. 

Keluarga Natsuki bersama-sama melawan Love Machine di dunia Virtual OZ.
Source : anime hero news

Soundtrack dari film juga tidak kalah keren, tiap soundtrack yang kamu dengar dari adegan-adegan film berhasil membantu menciptakan sebuah emosi yang begitu terasa. Apalagi pas adegan para pengguna OZ memberikan akun-akun mereka pada Natsuki untuk melawan Love Machine. Saat salah satunya berkata “I’ll give you my acoount, so please save our precious family” lalu soundtrack 150 Million Miracles pun diputar. Wooohh itu perasaan terharu, bahagia, bersyukur, pokoknya campur aduk semuanya lalu Boom… Yeaaaahh! Penulis tidak bisa menggambarkannya dengan detail tapi animasi, alur cerita, dan soundtracknya tuh bikin pengalaman nontonnya tuh tidak terlupakan. 


Cerita Hangat yang Menyentuh Hati

Hal menarik dari Summer Wars adalah tentang ceritanya yang sangat menekankan unsur keluarga dengan keluarga besar Natsuki sebagai titik fokusnya. Hasoda benar-benar tidak salah dalam mengembangkan Summer Wars, waktu 3 tahun yang ia habiskan untuk menciptakan Summer Wars bukanlah hal yang sia-sia. Menggunakan unsur keluarga sebagai faktor untuk mengikat penonton adalah sebuah ide yang brilian, bahkan penulis menganggapnya sebuah masterpiece. Penulis berkali-kali menonton Summer Wars namun selalu saja tidak pernah bosan akan kehangatan cerita dari Summer Wars. Menurut penulis hal ini didapatkan dari ikatan dari setiap karakter pada Summer Wars dengan Keluarga Natsuki sebagai titik fokus saat berjuang berasma menghadapi kekacauan yang ditimbulkan oleh LoveMachine.

Keluarga Natsuki bersama-sama melawan Love Machine.
Source : IMDB

Kedekatan keluarga Natsuki selalu membuat penulis merasa nostalgia akan momen bersama keluara dikampung halaman. Mulai dari cara Natsuki dan keluarga bercakap-cakap, melihat sepupu kecil bermain bersama, dan makan bersama disatu meja dan saling berbagi cerita hingga berusaha bahu-membahu membantu sama lain dalam menghadapi LoveMachine. Dan bagi penulis sendiri hal yang sangat begitu berkesan adalah saat melihat sosok nenek Sakae, sosok nenek Sakae tegas, kuat, tangguh, namun baik, penuh kasing sayang dan peduli selalu berhasil membuat penulis teringat akan sesosok nenek dikampung halaman. Iya mungkin ini hanya pengalaman penulis yang kebetulan kehidupan masa kecil penulis lebih banyak dihabiskan bersama dengan nenek. Penulis mungkin tidak dapat menyampaikan perasaan ini dengan begitu baik, namun kamu akan mengerti apa yang penulis maksud ketika menonton Summer War


Kesimpulan

Summer Wars mungkin mengambil konsep dasar dari salah satu film Digimon, namun tidak menjadikan film ini sebagai film yang buruk. Hasoda justru membuatnya semakin baik. Film ini sangat penulis rekomendasikan kepada kalian untuk ditonton, karena penulis ingin kalian merasakan pengalaman menonton yang sangat begitu berkesan bagi penulis hingga membuat film ini menjadi salah satu film favorit penulis.  

Terimakasih sudah membaca dan ayo tulis pendapat kamu soal artikel dikolom komentar. Share artikel ini juga jika kamu merasa teman-teman kamu harus tahu soal Summer Wars. Jangan lupa juga follow akun-akun sosmed JagadMedia biar kamu nggak ketinggalan info-info menarik seputar Industri Kreatif dan Pop Cutture. 


Writer

Alam Fauzi Gumilar


Posting Komentar

0 Komentar