Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Jajanan populer khas Bali

 


Bali ? Tidak asing dong dengan pulau Bali, ya betul salah satu pulau yang menjadi destinasi wisata yang sudah terkenal dalam negeri maupun luar negeri. Pulau Bali sudah menjadi tujuan paling populer yang memiliki hamparan pasir putih pantai yang indah dan peninggalan sejarah membuat banyak wisatawaan berdatangan ke pulau ini. Ada destinasi wisata, tentu ada makanan khas atau kuliner tempat tersebut itu dong. Ini dia 3 jajanan populer khas bali, yuk simak!

1. Sate Lilit
Sate lilit biasa nya disajikan pada saat ada upacara keagamaan atau acara besar sebagai bentuk penghormatan kepada dewa. Dalam pembuatan sate lilit sejak dulu dipercaya dilakukan oleh pria karena sate lilit memiliki makna filosofi  yang kuat  dalam kehidupan dan kejantanan pria. Dulunya bahan dasar sate lilit ialah babi dan ikan tetapi sekarang menyesuaikan permintaan konsumen, jadi sudah ada sate lilit daging sapi dan ayam. Daging daging tersebut dicincang lalu dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu khas bali, setelah itu dililit pada tusuk sate.




2. Nasi Jinggo Bali 
Makanan ini terdiri dari nasi, lauk suwiran daging, sambal, sambal goreng tempe dan mie serta dibungkus dengan daun pisang. Nasi jinggo sering ditemui pada acara-acara pernikahan sebagai sajiannya bahkan acara adat dan acara kerukunan warga. Namun nasi jinggo juga bisa kita temukan di pinggir jalan dikota-kota besar tujuan wisata seperti Denpasar, Kuta dan Ubud.



3. Tipat Cantok
Tipat cantok atau ketupat bumbu kacang adalah makanan khas Bali yang sudah merakyat, harganya relatif murah Rp 5.000 – Rp 7.000 dan tidak sulit mendapatkan warung yang menjua tipat cantok ini. Makanan ini mirip dengan gado-gado, bahkan bahannya yang digunakan hampir sama. Bahan dasar dalam pembuatan tipat cantok ini adalah kacang tanah yang sudah digoreng, sayuran rebus dan ketupat. Sayuran yang sering digunakan biasanya kacang panjang, toge, bayam, dan kangkung. 











Posting Komentar

0 Komentar