Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini dia! Budaya Unik di Indonesia


 

Hallo jagadians!! Kali ini kita akan membahas seputar budaya menarik di Indonesia.

Budaya unik ini hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, ada banyak budaya di Indonesia yang belum banyak diketahui oleh orang Indonesia sendiri, karna kurangya ekplorasi dari orang orang di Indonesia. Indonesia memiliki Beragam suku dan budaya dari sabang sampai Merauke dan dari setiap daerah itu mempunyai tradisinya masing masing.

 

Ini beberapa ulasan menarik tentang budaya di Indonesia yang cukup unik. Mari simak ulasannya.

 

1.                  Tabuik - Sumatera Barat

 

Tabuik merupakan perayaan yang jatuh pada tanggal 10 muharram,perayaan ini bertujuan untuk memperingati gugurnya imam husain, cucu nabi Muhammad SAW. Festival ini merupakan festival tahunan yang diadakan di kota Pariaman, Sumatera barat. Perayaan ini telah berlangsung sejak abad 19 masehi.

 

Festival tabuik ini memiliki berbagai macam rangkaian acara, acara yang paling ditunggu adalah disaat malam puncak dilakukan ritual tabuik naiak pangkek, kemudian dilanjutkan dengan hoyak tabuik.

 

Penasaran bukan? Bagaimana festivalnya berlangsung, silahkan datang lansung ke sumatera barat bagaimana serunya acara tersebut.

 

2.                  Dugderan – Semarang

 

Dugderan adalah festival yang menandai dimulainya ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, festival ini merupakan ciri khas dari kota Semarang. Perayaan ini telah dilakukan sejak tahun 1882.

 

Festival dugderan ini juga memiliki acara yang menarik, kita bisa menemukan keanekaragaman kota Semarang, seperti dari sisi kuliner, ataupun pertunjukan seni yang dihadirkan.

 

Dugderan ini memiliki ciri khas yaitu Karnaval Warak Ngendong, Warak Ngendong ini adalah hewan imajiner berkepala naga dan bertubuh mirip kambing.

Selain itu ada kembang manggar yang dibawa oleh para rombongan karnaval.

 

 

Bagaimana penasaran kan? Ayo kunjungi kota Semarang, festival ini dilakukan setiap setahun sekali loh.

 

3.                  Kebo keboan – Banyuwangi

 

Kebo keboan adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat suku osing Banyuwangi dalam rangka ungkapan rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah dan juga sebagai upacara bersih desa agar tehindar dari marabahaya.

 

Ritual kebo keboan ini telah terjadi turun temurun yang dilakukan oleh penduduk desa Aliyan. Dalam ritual kebo keboan, peserta yang bertubuh tambun berdandan seperti kerbau (kebo) lengkap dengan tanduk.

 

Menarik bukan? Silahkan coba dicek langsung ke banyuwangi ya jagadians!!!

 

 

 

Bagaimana Menurutmu tentang budaya atau festival yang diadakan di Indonesia, sungguh sangat menarik, ada banyak lagi budaya yang unik di Indonesia, untuk saat ini kita bahas ini dulu. Berikan komentarmu kalau ada budaya yang menarik lagi, silahkan tulis dibawah. 

Posting Komentar

0 Komentar