Ticker

6/recent/ticker-posts

Coffee Shop: Andalan Untuk Working Space Dadakan


     Lokasi: Eskalasi Kopi, Bandung

                Menjamurnya coffee shop di setiap sudut jalanan membuat kita memiliki semakin banyak pilihan untuk nongkrong sembari menikmati kopi. Fungsi kedai kopi sekarang ini bukan hanya untuk menjadi tempat berkumpul bersama teman-teman dan orang yang disayang saja, tetapi juga menjadi tempat meeting, tempat belajar, tempat untuk menyelesaikan tugas kuliah atau kerjaan kantor, dan tempat foto. Banyak sekali coffee shop yang memiliki desain eye-catching dan estetik untuk menarik perhatian pengunjung. Mereka mengandalkan desain interior dan rasa kopi yang dijual kepada konsumen. Ada banyak jenis minuman yang dijual selain es kopi susu gula aren, seperti Piccolo, Americano, Greentea Latte, Caramel Macchiato, Latte, dan lainnya. Semua dijual dengan pilihan ice atau hot. Kedai-kedai kopi ini sangat ahli dalam menciptakan sensasi menikmati kopi di kedai. Sensasinya jelas berbeda, saat menikmati kopi di tempatnya langsung maupun saat diminum dirumah setelah order online. Akibat dari culture konsumsi manis-manis yang mulai merajalela belakangan ini, sikap kita pun berubah menjadi konsumtif terhadap es kopi. Konsumtif dalam arti disela-sela kegiatan kita seperti belajar, nugas, nongkrong, tidak akan terasa lengkap tanpa adanya es kopi untuk dinikmati.


       Lokasi: Dopa Coffee Studio, Jakarta

                Keberadaan coffee shop mulai ramai sejak tahun 2017. Masyarakat berlomba-lomba untuk membuat kedai kopi yang nyaman, estetik, dan menjual kopi dengan harga yang murah namun rasanya juara. Kedai kopi sekarang ini identik dengan es kopi susu dalam kemasan cup plastik ukuran 250ml. Perpaduan antara susu, gula aren dan kopi inilah yang kemudian membuat tren ngopi semakin ramai. Kamu bisa menemukan orang lalu-lalang di stasiun, mall, kantor, kampus, dengan memegang kopi susu di tangannya. Es kopi susu bagaikan cemilan rutin yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat jaman now. Es kopi susu tidak lengkap jika tidak dinikmati di tempat yang nyaman. Sekarang ini, kamu bisa menemukan kedai kopi yang interiornya asik hampir disetiap jalanan yang kamu lewati. Tidak hanya di ibukota Jakarta, kedai kopi sudah banyak berdiri juga di Bandung, Semarang, Jogjakarta, dan daerah-daerah lainnya. Arsitek ternama ikut andil dalam mendesain interior kafe agar nantinya bisa menjadi kafe ‘hits’ dan kekinian ala generasi milenial. Kita bisa memperhatikan ada beberapa ‘warna’ yang khusus dan bisa ditemukan di beberapa kedai kopi, seperti white on white (serba putih), aesthetic black, dan colorful. Ada beberapa kedai kopi yang memiliki tema unik karena terinspirasi dari sebuah film maupun tokoh ternama, seperti kafe My Little Pony yang terinspirasi dari kartun anak dengan judul yang sama, kafe nuansa alam (di pinggir tebing atau didalam hutan), kafe yang didalamnya terdapat banyak kucing maupun anjing ras, dan banyak tema unik lainnya. Tetap saja, masyarakat jauh lebih menyukai desain coffee shop yang simple, terlihat dari seringnya orang-orang nongkrong di kafe tersebut.


    Lokasi: Yukopi, Bandung

                Berbicara mengenai keuntungan dari banyaknya pilihan kedai kopi, salah satu keuntungan yang dampaknya cukup besar adalah berpindahnya study dan working space dari kantor, co-working space, ke coffee shop. Dengan bangunan yang kecil dan sederhana, kedai kopi bisa dimanfaatkan untuk mengadakan meeting dan menyelesaikan tugas kantor sambil chill bersama kerabat, yang berarti tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membangun sebuah space yang bisa dijadikan tempat kerja. Studi sendiri menunjukkan bahwa hasil kerja yang maksimal bisa berasal dari cara mengerjakannya dengan bahagia dan mengerjakan di tempat yang suasananya nyaman. Refreshing otak sangatlah penting, dan coffee shop mampu memenuhi kebutuhan refreshing kita. ‘Working Space’ di coffee shop sebenarnya praktis, karena saat kita sudah membeli satu cup es kopi, kita sudah dapat menggunakan tempat tersebut sebebas kita (mengikuti jam buka kedai kopi tersebut). Selain es kopi, beberapa coffee shop juga menyediakan menu makanan ringan maupun berat, seperti brownies, red velvet, hingga spagheti bahkan ayam geprek. Kita juga bisa mendapat teman baru dari kedai kopi. Sejauh ini, barista-barista yang ada di kedai kopi sangat humble. Kita bisa merasakan nyaman atau tidaknya sebuah kafe dari cara kita dilayani oleh pekerja nya. Tentunya kita juga harus memberikan feedback yang baik juga, seperti menjaga kebersihan tempat, dan ramah kepada pekerja. Nah, mensiasati untuk tetap bisa bekerja sambil santai bersama es kopi di kafe andalan saat masa pandemi ini, yuk baca tips berikut!       

  1. Gunakan masker selalu dan dilepas hanya jika sedang mengonsumsi minuman dan makanan
  2. Jaga jarak dengan pengunjung lainnya, jangan sampai bersentuhan. Hindari kontak fisik
  3. Hindari pembayaran dengan cash. Sebisa mungkin gunakan e-payment
  4. Bawa hand sanitizer dan sabun cuci tangan (jika diperlukan). Bisa juga menggunakan sarung tangan
  5. Jangan menyentuh area mata, hidung dan mulut menggunakan tangan yang sudah menyentuh barang-barang di kafe sebelumnya

Jangan lupa ikuti saran diatas ya, teman-teman! Semoga kita semua tetap dapat beraktifitas dengan baik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. Kafe manakah yang menjadi tempat favoritmu untuk nugas?


Posting Komentar

0 Komentar