Ticker

6/recent/ticker-posts

4 Daftar Buku Kepemimpinan untuk Meningkatkan Jiwa Kepemimpinanmu

 

Kepemimpinan merupakan sesuatu yang vital dalam  suatu organisasi yang memiliki sebuah kemampuan atau kekuatan  didalam diri seseorang untuk memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu target. Pada umumnya pemimpin  memiliki jiwa karismatik dengan visi misi yang jelas, mampu mengendalikan apa yang dipimpin tetapi lebih baik lagi pemimpin yang menyesuaikan dengan gaya memimpin dan beradaptasi pada situasi yang terjadi. Berikut daftar buku kepemimpinan buat kamu sebagai pedoman untuk menjadi seorang pemimpin.

1. Man’s Search for Meaning oleh Viktor E. Frank
Buku ini di terbitkan tahun 1946 yang ditulis oleh Viktor E. Frank yang menceritakan pengalamannya sebagai tahanan kamp konsentrasi Nazi selama Perang Dunia II, dan menjelaskan metode psikoterapi. Ya dia seorang psikiater yang selamat dari perang tersebut. Didalam buku ini Frank melakukan observasi bagaimana bertahan dikehidupan sehari hari seperti biasa didalam tahanan. Buku ini bukan hanya pandangan seorang seorang psikiater namun memperkenal kan idenya tentang makna kehidupan dan teorinya yang disebut logoterapi. Seorang pemimpin sering dihadapkan dalam kesulitan untuk memotivasi anggotanya, dalam buku ini kita bisa jadi kan sumber informasi yang baik untuk memotivasi anggota kamu.


2. The Coaching Habit, Say Less, Ask More & Change the Way You Lead Forever oleh Michael Bungay Stanier
Michael Bungay Stanier adalah pelatih kepemimpinan. Buku ini ditulis untuk para pemimpin unutk mengubah cara mereka memimpin dan mengelola orang menjadi gaya pembinaan. Faktanya tujuan Michael di perusahaannya, Box of Crayons adalah untuk membantu manajer yang sibuk melatih dalam 10 menit atau kurang. Tetapi Michael tidak mengatakan bahwa siapa pun bisa menjadi pelatih dalam 10 menit, melainkan tujuan yang sangat terhormatnya adalah membawa gaya kepelatihan yang lebih baik ke dalam cara orang memimpin.

3. A Higher Loyalty oleh James Comey
James Comey adalah seorang direktur FBI yang telah menulis memoir yang menyerang presiden AS sebagai “tidak terikat pada kebenaran”. Didalam buku ini James Comey berusa mengingatkan kita tentang ketidaknormalan tentang apa yang tidak bisa dan tidak boleh di toleransi. Loyalitas menjadi ketertarikan Comey pada kepemimpinan moral. Dia memperlihatkan kecerdasan dan kerendahan hati dalam cerita singkatnya, kemudian dia  menyampaikan urgensi dalam perenungannya pada saat ini dan dia tidak takut untuk mengungkapkan keengganan dan ketidakpastian.


4. Drive : The Surptising Truth About What Motivates Us oleh Daniel H. Pink
Daniel Pink membuat buku ini dari beberapa kisah contohnya Encarta, sebuah platform yang dimana ensiklopedia banyak mengeluarkan uang untuk membayar penulis, namun kalah bersaing dengan Wikipedia yang mengeluarkan satu sen pun. Daniel Pink menyampaikan bahwa seorang pemimpin itu tidak menggunakan insentif untuk memotivasi. Dia memotivasi karyawannya dengan otonomi, keahlian dan tujuan. Yang dimana otonomi yaitu kebebasan melakukan project apapun untuk mengembangkannya perkerjaannya. Karyawan yang dibantu untuk memiliki keahliaan akan termotivasi untuk perkerjaannya. Begitu juga dengan tujuan, semua orang pasti punya tujuan dalam melakukan pekerjaannya.














Posting Komentar

0 Komentar