Ticker

6/recent/ticker-posts

Wow! Teknik Painting Restoration : Lukisan Kuno Bisa Dihidupkan Kembali


JagadMedia - Halo semuanya! Kembali lagi dengan topik tentang illustrasi! Kali ini saya ingin membahas tentang Painting Restoration, apa itu? Seperti yang kita tahu, banyak sekali lukisan-lukisan zaman dahulu yang sudah banyak dikenang sebagai benda bersejarah, ambilah lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci sebagai contoh, atau lukisan Picasso, siapa yang tidak tahu?

Nah, seperti yang kita belum banyak ketahui, bagaimana lukisan yang umurnya sudah hampir berabad-abad bisa awet sampai sekarang? Nah, disinilah Painting Restoration bekerja! 

Conservationist adalah seseorang yang bekerja dibidang menjaga dan menyimpan benda-benda bersejarah untuk disimpan keutuhannya dan dipulihkan kembali bagian-bagian yang sempat rusak pada zamannya. Kebanyakan barang-barang tersebut berkaitan dengan kesenian seperti patung, lukisan, artefak dan lain sebagainya. Tetapi Painting Restoration adalah cabang khusus untuk lukisan saja.

Ambil ahli ini sebagai contoh; Baumgartner Restoration, beliau adalah seseorang yang bekerja dibidang restorasi khusus lukisan, dan beliau selalu membuat video bagaimana tahapan dalam membersihkan lukisan sampai lukisan tersebut terlihat seperti baru lagi. 

Berikut adalah video salah satu karya yang direstorasi kembali, yaitu The Assassination of Archimedes.


Restorasi ini dilakukan apabila lukisan yang akan diperbaiki adalah lukisan yang sudah menerima banyak damage, atau kanvas yang makin rusak, kerusakan karena air, api atau lingkungan. Pencapaian dari sang conservator sendiri adalah membuat lukisannya mendekati seperti saat lukisan ini pertama kali dibuat. Jadi sebisa mungkin tidak dibuat melenceng dan mengikuti jejak sang pelukis yang pertama kali membuatnya.

Beliau sendiri menyatakan jika ingin bekerja sebagai conservationist, kalian tidak perlu pintar dalam melukis, selama kalian teliti dalam pekerjaan kalian, dan pastinya kalian harus memiliki kertertarikan dalam historical painting, sejarah lukisan tersebut dan pastinya mempelajari bagaimana bahan-bahan dalam melukis dan restorasi bekerja. Dalam praktek, seorang conservationist harus dapat mempelajari bagaimana pengawetan bekerja, menggunakan ultraviolet, x-ray dan bahan-bahan dalam fotografi. Bagaimana, apakah kalian tertarik dalam melakukan pekerjaan ini?

Terima kasih, telah membaca artikel ini silahkan komen dibawah dan stay tune selalu yaa di artikel ini, share juga keteman-teman kalian informasi dari artikel ini, Ciao ^^.

Writer

Vania Aurelie

Posting Komentar

0 Komentar