Ticker

6/recent/ticker-posts

Harus Tau! Inilah 4 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bercanda

Assalamualaikum wr wb semua nya, bercanda siapa sih yang gak tau kegiatan yang sering dilakui kalo lagi ketemu baik itu temen atau pun keluarga, nah terus bercanda yang kalian lakuin itu setiap hari itu gimana sih dalam islam, apa udah pas atau justru malah berlebihan dalam bercanda, nah islam sendiri juga memperhatikan bagaimana cara nya dalam bercanda ini dengan tujuan tidak berlebihan dalam melakukan nya dan berikut adalah contoh apa saja :

1.    Jangan melewati batas atau sewajarnya saja.

Kadang sebagian orang sering berlebihan dalam bercanda hingga melanggar norma-norma yang ada bahkan kadang ada tujuan lain dalam melakukan bercanda nya sehingga bisa membuat jatuh seperti wibawa atau martabatnya.

2.    Jangan bercanda untuk sesuatu yang serius.

Ada kondisi dimana kita tidak seharusnya membuat atau melakukan bercanda ini karena bisa menimbulkan sebuah masalah nanti nya contoh dalam kasus bercanda ini adalah saat berada dalam suatu majelis ilmu atau saat sedang memberikan sebuah kesaksian.

3.    Bercanda dengan kata yang buruk.

Beberapa orang kurang suka dengan bercanda seperti ini. Terkadang untuk yang tidak suka malah membawa ke pertengkaran. Bahkan karena bercanda yang seperti ini bisa membuat perkelahian dari yang awalnya hanya bercanda, lebih baik tidak melakukan bercanda seperti ini kecuali dengan yang sudah terbiasa.

4.    Tidak tertawa berlebihan.

Ada orang yang ketika sudah bercanda baik itu dengan teman atau keluarga maka akan tertawa secara berlebihan bahkan ada yang sampai terpingkal-pingkal ketika bercanda dan ini bertentangan dengan sunnah. Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan agar tidak banyak tertawa, atau terlalu berlebihan saat tertawa karena jika berlebihan akan mengereskan hati.

itulah dia contoh - contoh dari bercanda yang dianjurkan atau baik dengan begitu akan menjauhkan kita dari hal yang tidak di inginkan, Aamiinn, wasalamualaikum wr wb.


 

 

Posting Komentar

0 Komentar