Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Merawat Kulitmu!


Seiring berkembangnya jaman, semakin banyak brand-brand kesehatan yang meluncurkan produk kesehatan dan kecantikan kulit. Sebut saja Hada Labo, CeraVe, Cosrx, Kiehl, Emina, Citra, Mustika Ratu, Bath & Body Works, dan brand lainnya. Semakin bertambahnya umur, berkurang pula aura yang terpancar dari diri kita. Hal ini dikarenakan fungsi organ tubuh yang mulai menurun, termasuk juga organ luar seperti kulit. Untuk mensiasati hal tersebut, diluncurkanlah produk-produk perawatan kulit yang dapat membantu kita dalam menjaga kulit agar terjaga kelembapannya dan tidak mudah keriput walau sudah tua. Diluar faktor usia, kulit juga bisa rusak akibat lingkungan yang jorok, debu, dan terpapar sinar UV berlebihan. Kulit merupakan organ tubuh luar manusia dengan lapisan terluarnya bernama epidermis. Epidermis berperan penting dalam melindungi kulit dan dibaliknya terdapat lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit. Di dalam jaringan epidermis sendiri terdapat tiga sel pendukung, antara lain: sel keratinocyte, sel melanocyte, dan sel langerhans. Kulit mengalami regenerasi setiap 27 hari. Namun regenerasi kulit tetap tidak menjamin terjaganya kulit dari faktor-faktor yang dapat merusak kulit. Mumpung lagi dirumah aja selama pandemi ini, yuk kita rawat kulit kita! Coba kalian ingat-ingat segala aktivitas yang kalian lakukan diluar rumah sebelum pandemi. Berangkat ke kantor naik kendaraan umum, olahraga pagi dan sore, makan di warteg, ngopi, dan aktivitas lainnya yang membuat kita harus bersahabat dengan sinar matahari, debu dan barang-barang yang kotor tersentuh semua orang. Setiap harinya, banyak bakteri dan kuman yang menempel di kulit, yang belum tentu kita aware untuk membersihkannya. Maka dari itu, agar semakin sadar untuk merawat kulit sendiri, berikut kami berikan 5 alasan utama mengapa kamu harus mulai merawat kulit!

1. Menghindari Keriput Berlebihan

Usia memang tidak bisa dibohongi. Semakin tua diri ini, maka semakin keriput kulit pada tubuh. Namun tidak ada salahnya sejak muda kita rawat kulit dengan berbagai pelembab alami. Fungsi utama dari pelembap kulit adalah untuk menjaga dari keringnya kulit sehingga tidak mudah menjadi sarang kuman dan sebagai penyehat jaringan kulit agar tidak mudah rusak. Merawat kulit tidak hanya dengan produk kecantikan, tetapi juga dari gaya hidup seperti mengurangi konsumsi kopi dan menghindari rokok. Perbanyaklah minum air putih, agar tidak terjadi dehidrasi yang kemudian berdampak pada kulit kering.

2. Bersih dari Bakteri

Alasan ini cukup penting, mengingat kulit adalah proteksi terluar manusia dari debu yang ada di udara. Jika kita tidak telaten dalam merawat kulit, berbagai bakteri bisa masuk dan menyebabkan penyakit pada kulit, dan bahkan penyakit dalam organ. Contoh penyakit pada kulit adalah iritasi, jerawat, bisul, selulitis. Penyakit-penyakit tersebut muncul akibat kurangnya perawatan kulit dan bisa juga disebabkan oleh alergi. Pun, jika kita memiliki alergi, itu pertanda kita harus lebih ketat lagi dalam menjaga tubuh agar sehat dan terhindar dari alergi.

3. Kulit Mampu Memfasilitasi Pembentukan Vitamin D

Fungsi vitamin D pada kulit diantaranya adalah untuk menjaga kulit agar terhindar dari inflamasi, memiliki potensi untuk menstabilkan gen, mencegah kanker kulit, menstabilkan pergantian sel. Konsumsi vitamin D sendiri juga secukupnya saja, jika berlebihan bisa menyebabkan mual dan urinasi berlebih. Vitamin D bisa didapatkan juga melalui sinar matahari, konsumsi ikan salmon, ikan tuna, kuning telur. Namun siapa sangka, kulit mampu memfasilitasi pembentukan vitamin D untuk metabolisme tubuh. Bayangkan jika fungsi ini tidak dapat bekerja dengan baik akibat dari kurangnya perawatan. Vitamin D memiliki peranan penting bagi tubuh kita. Jadi jangan sampai kulit kita tidak lagi bisa memfasilitasi pembentukan vitamin D.

4. Kulit Mampu Membuang Racun atau Zat Yang Tidak Diperlukan Tubuh

Mengacu pada poin ke-2, kulit juga dapat membuang racun pada tubuh. Ini disebut fungsi antibodi, dimana kulit berperan dalam pertahanan imunitas tubuh, melawan benda asing atau mikroorganisme berbahaya. Kulit mampu membuang racun atau zat yang tidak diperlukan tubuh melalui fungsi eksresi kelenjar keringat, sehingga tidak adalagi racun yang tersisa pada kulit jika kulit kita sehat. Namun jika yang terjadi sebaliknya, ekskresi yang tidak lancar bisa menyebabkan racun tertinggal dan bersarang didalam tubuh, sehingga timbul lagi penyakit.

5. Menjaga Penampilan

Siapa yang tidak tertarik dengan pria/wanita berkulit mulus dan bersih bersinar? Tentu, penampilan merupakan kunci utama dalam menilai kepribadian seseorang. Apakah ia rapih, bersih, atau tidak? Itu bisa tergantung dari bagaimana ia merawat tubuhnya. Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Menjaga kesehatan kulit juga merupakan bentuk dari rasa syukur kita terhadap pemberian Tuhan. Kulit bisa menjadi penunjang utama dalam berpenampilan menarik karena kulit merupakan organ tubuh terluar manusia. Jaga selalu sinar kulitmu!

 

    Menjaga kesehatan kulit memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan tubuh. Perhatikan pula produk yang kamu gunakan untuk membantu merawat kulit. Apa saja bahan-bahan nya? Kapan produk tersebut kadaluarsa? Cocokkah kulitmu dengan produk yang mereka sajikan? Bisa saja produk yang kamu gunakan justru menjadi penghancur kulitmu. Sampai tua nanti, kamu juga tetap dapat merawat kulit sebagai kebiasaan yang baik. Sudahkah kamu merawat kulitmu?

 


Posting Komentar

0 Komentar