Ticker

6/recent/ticker-posts

Simak Yuk! Inspirasi Dalam Pembuatan Film Pendek "Tilik"


     Hai, sobat jagad. Ada yang sudah tau dengan film pendek yang satu ini. Film pendek yang sempat viral ini berjudul Tilik. Film Tilik merupakan sebuah film produksi Ravacana Films. Film Tilik sendiri di sutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo dan Elena Rosmeisara sebagai producer film. Film Tilik sudah diproduksi Ravacana Films pada tahun 2018 tetapi film ini baru di upload pada 17 Agustus 2020 di chanel youtube Ravacana Films dan menjadi viral karena telah ditonton lebih dari 20 juta penonton youtube hingga saat ini Minggu (13/09/2020). 

   Film tilik terinspirasi dari seorang penulis naskah film yaitu Bagus Sumartono yang melihat fenomena tilik atau menjenguk di rumah sakit yang berada di yogyakarta. Sang penulis melihat fenomena tilik atau menjenguk orang sakit di rumah sakit secara beramai ramai dan yang menarik adalah seluruh orang yang  menjenguk tersebut menggunakan truk sebagai kendaraan. Hal ini yang membuat sang penulis merasa unik untuk diangkat menjadi film. Film tilik sendiri memiliki durasi sekitar 8-9 bulan dalam proses pembuatan hingga hasil akhir menjadi sebuah film pendek. Film Tilik dinobatkan sebagai pemenang piala maya 2018 untuk kategori film pendek. 

     Film tilik bercerita mengenai sekumpulan ibu ibu yang ingin menjenguk bu lurah yang sedang sakit di rumah sakit. Sekumpulan ibu ibu tersebut pergi menjenguk menggunakan truk sebagai kendaraannya. Ketika diperjalanan menuju rumah sakit sekumpulan ibu ibu asik mengobrol dan bergosip. Topik obrolan yang dibicarakan oleh ibu ibu tersebut adalah dian seorang gadis desa. Dalam film tilik terdapat tokoh utama yaitu Bu Tejo dan Yu Ning. Bu Tejo beranggapan bahwa dian merupakan seorang gadis desa yang tidak baik karena dian senang pergi ke tempat yang mewah dan kerap pergi dengan sejumlah laki laki, namun tokoh Yu Ning tidak mempercayai begitu saja ucapan dari Bu Tejo. Yu Ning beranggapan bahwa ucapan bu tejo harus mencari terlebih dahulu kebenaran dari informasi tersebut.  

   Film ini memiliki beberapa pesan moral seperti kita harus berhati hati dalam menerima sebuah informasi, dengan mencari kebenaran informasi yang di dapatkan, kepedulian antar masyarakat desa,  dan kita tidak boleh menceritakan keburukan atau kejelekan orang lain. 

    Itu dia sobat jagad informasi seputar inspirasi dalam pembuatan film pendek "Tilik". Apakah sobat jagad sudah nonton film pendek ini, kalo belum bisa sobat jagad tonton melalui youtube ravacana films. Film Tilik ini cocok bagi sobat jagad yang menyukai film film pendek. 



Posting Komentar

0 Komentar