Ticker

6/recent/ticker-posts

Film Maker Beginner? Simak Tips Film Making Ini!

Hallo Jagadians! Masa pandemi seperti saat ini bikin banyak orang menemukan passionnya mereka. Gak jarang kita-kita tetiba bisa jadi youtuber loh, sebagai youtuber banyak banget konten yang bisa kita buat. Salah satunya film! Nah temen-temen yang lagi coba jadi film maker, yuk intip beberapa tips yang bisa kalian simak sebagai film maker pemula.

1. Periksa Framerate dan Resolusi

Kesalahan pemula ketika membuat film biasanya tiap scene memiliki framerate dan resolusi yang berbeda. Nah hal ini biasanya yang bikin editor kesulitan untuk mengedit video raw-nya gengs. Default format framerate biasanya 24 fps untuk film making. 

2. Gunakan Boomer

Film yang baik memiliki sound yang baik pula. Dengan sound yang baik dan jelas, kita dapat dengan mudah memahami apa yang dilafalkan oleh aktor/ aktris. Oleh karena itu amat dianjurkan menggunakan mic boomer ketika melakukan proses syuting.

3. Pemilihan Lokasi

Melakukan proses syuting tentunya diperlukan berbagai riset. Salah satunya adalah riset lokasi syutingnya. Selain indah dipandang dan sesuai dengan jalan cerita yang digarap, lokasi syuting haruslah tenang dan minim polusi udara. Hal ini demi kebaikan sound yang jernih di dalam film.

4. Pencahayaan

Lighting/ pencahayaan sangat penting juga loh gengs. Hal ini akan membuat resolusi video terlihat lebih jelas dan tajam. Muka aktornya gak akan keliatan burem kalau pake pencahayaan yang cukup. Kita bisa menggunakan berbagai barang untuk menunjang pencahayaan seperti sterofoam atau lighting kit yang lebih pro.

5. Pemilihan Kostum

Kostum sangat penting untuk sebuah visual dalam film. Maka dari itu, usahakan kostum yang digunakan oleh aktor sesuai dengan jalan cerita yang sedang digarap. Hal itu akan sangat mewakili suasana yang sedang dibangun dalam sebuah film.

6. Perbanyak Adegan Ketimbang Penjelasan

Menggunakan berbagai adegan untuk menjelaskan sesuatu merupakan teknik yang baik untuk membangun suasana di dalam sebuah film. Jangan malas untuk melakukan syuting adegan ya gengs!

Nah begitu jagadians, sedikit tips untuk film maker pemula ketika kita ingin membuat sebuah film. Pastikan kalian memiliki audio file yg jernih, raw file yang konsisten, juga pemilihan kostum dan lokasi yang tepat untuk film yang kalian buat. Selebihnya kalian bisa explore lebih banyak mengenai berbagai hal yang film maker kerjakan. Alright, beri komentar dibawah ini untuk tanggapan kalian seputar film making.

Sampai Jumpa!

Sumber : nofilmschool.com


Posting Komentar

0 Komentar