Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah! Konser Musik dengan Menggunakan Teknologi Masa Kini


Siapa yang hobi nonton konser musik? Hayo angkat tangannya! Mimin juga termasuk salah satunya, karena selain menghibur, konser juga bisa menambah lingkungan pertemanan, relasi dan mengetahui sebuah perkembangan baru. Contohnya seperti yang akan kita bahas pada hari ini, yuk kita simak bareng bareng!

1. Video Mapping

Pada tahun 2015, Raisa pernah mengadakan konser tunggal di Istora Senayan Jakarta. Ini adalah konser pertama kali baginya setelah 5 tahun berkarya di industri musik, Raisa tampil memukau diatas panggung dalam setiap lagu yang dibawakannya, penonton juga ikut larut didalamnya, tapi ada satu bagian yang membuat penonton melongo, yaitu saat Raisa menyanyikan lagu Hari bahagia, 6 8 12, dan Firasat,tiba tiba saja, gaun yang dikenakan Raisa berubah menjadi sangat cantik dan berbeda. 


Raisa menggunakan gaun plain berwarna putih, ditambah dengan teknik video maping membuat Raisa menjadi lebih cantik dan memukau mata penonton. Lalu sebenarnya, Video Maping itu apa sih? nah, video maping itu adalah sebuah teknik yang mengandalkan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi pada objek secara visual menjadi bentuk baru yang memukau.

2. Hologram 

Sebagai manusia, pasti kita mempunyai sosok idola yang menjadi panutan atau menjadi penghibur disaat kita bersedih, namun, apa jadinya jika sosok tersebut sudah meninggal? Seiring perkembangan jaman dan teknologi, apa saja kini bisa terjadi, eits, tapi teknologi ini tidak bisa menghidupkan kembali orang yang sudah mati, melainkan teknik Hologram ini dapat menipu mata manusia menjadi seolah apa yang dilihatnya adalah manusia asli. Contohnya pada tahun 2019 pada tanggal 11 Desember, Erwin Gutawa berhasil menyuguhkan konser musik yang berbeda dari biasanya. Konser yang bertajuk Chrisye 2012 Kidung Abadi , berhasil memikat para mata penonton dengan kehadiran Chrisye diatas panggung dalam bentuk Hologram.

Nasionalisrakyatmerdeka.wordpress.com

Konser ini dilaksanakan di kota Bandung, dan dihadiri oleh banyak penyanyi dan musisi tanah air yang ikut meramaikan acara. 

3. VR (Virtual Reality) & AR (Augmented Reality)

Saat kalian membaca judul diatas, tentunya kalian sudah tidak asing dengan teknologi yang satu ini bukan? Yup, VR dan AR kini dapat digunakan dalam konser musik loh! Salah satunya adalah konser yang diselenggarakan oleh Spotify. Saat kalian melihatnya, tentu kalian dapat merasakan feeling saat berada di konser tersebut, karena kalian dapat melihat seluruh sudut yang ad di dalam video yang kalian tonton, apalagi jika kalian memiliki VR glasses. Sedangkan teknologi AR nya sendiri, Spotify menerapkannya dalam hal ticketing. Agar tidak terjadi pemalsuan atau penggandaan tiket, tenologi ini diterapkan untuk men-scan tiket para penonton yang akan masuk.


Bagaimana Jagadreaders? Kalian Lebih Tertarik Nonton Yang Mana?


Writer

Natasya Putri

Posting Komentar

0 Komentar