Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Makanan Khas Bima


Provinsi nusa tenggara barat terkenal dengan ke indahan pantai nya. nah kalua hanya ke pantai  saja gak afdol tanpa nyobain kuliner nya, salah satu kota yang terkenal dengan pantai dan kuliner nya adalah kota bima.
Kota bima terletak di bagian timur pulau sumbawa, provinsi nusa tenggara barat.
Jagadreader udah pada tau belum 3 makanan khas kota bima yang sering di cari oleh para wisatawan luar daerah maupun manca negara. Berikut 3 makanan khas bima yang populer.

1.Uta Tumi Sepi


Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan tumi sepi ialah udang rebon atau udang yang berukuran kecil yang telah di tumis sebelum nya, dan untuk rempah - rempah nya sangat mudah di dapatkan seperti cabe, tomat, bawang merah, bawang putih, cabe keriting, kemangi, belimbing sayur, gula pasir, dan garam.

2.Uta Palomara Londe


Bandeng atau yang biasa orang bima sebut londe, ikan yang satu ini sangat mudah di dapatkan di kota bima karena di kota bima sendiri mempunyai usahatani tambak bandeng  yang cukup besar. Olahan bandeng ini mempunyai cirikhas yang cukup unik, dari warna nya yang kuning kental dan mempunyai rasa pedas, gurih, dan segar.
Bahan – bahan yang dibutuhkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun kemangi, garam, gula pasir, merica bubuk, asam jawa, tomat, dan kunyit bubuk.

3.Uta Maju Puru


Daging rusa tidak kalah enak dari daging sapi dan kambing, uta maju puru adalah makanan khas bima dengan pengolahan di dendeng terlebih dulu dengan rempah – rempah selanjutnya di bakar dan setelah itu siap di santap.

Semoga konten ini bermanfaat untuk jagadreader dimanapun berada. jangan lupa share konten ini ke para pecinta kuliner

Posting Komentar

0 Komentar