Ticker

6/recent/ticker-posts

Penting! Inilah Keutamaan Zikir


JagadMedia - Assalamu’alaikum Wr Wb, artikel kali ini mengajarkan kita bagaimana keutamaan jika kita berzikir kepada Allah SWT. Dalam hidup dan menjalani kehidupan ummat muslim, pastilah selalu mengharapkan ridha dari Allah SWT. Untuk mendapatkan Ridha Allah SWT, dalam beraktifitas kita harus selalu dalam mengingat Allah SWT yaitu dengan cara berzikir.

Pengertian Zikir

Apa pengertian dari Zikir ?.. Zikir ialah berasal dari bahasa arab yang Al-Zikr yang berarti mengucapkan puji-pujian kepada Allah secara berulang. Berzikir adalah cara kita mengingat Allah. Jika kita senantiasa mengingat Allah SWT dengan berzikir, niscaya Allah SWT juga akan mengingat kita. Sebagai Allah berfirman :

“Berdzikirlah (ingatlah) kamu kepadaKu, niscaya Aku akan mengingat mu” : Al Baqarah : 152. 

Zikir juga merupakan cara kita berkomunikasi dengan Allah, karena dengan berzikir kita senantiasa mengingat Allah SWT. Lalu apa yang kita ucapkan saat berzikir ? Sebenarnya banyak bacaan yang bisa kita ucapkan dalam berzikir, namun dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ada empat kalimat yang paling dicintai Allah yaitu Subhanallah Walhamdulilah, Walailahaillallah Wallahuakbar (HR : Imam Muslim) yang artinya maha Suci Allah dan segala puji hanya bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar. 

Manfaat Zikir


1. Dibebaskannya dari Marabahaya

Sebagai manusia, dalam menjalani hidup tentu kita ingin terbebas dari segala marabahaya, namun sepertinya tidak ada seorang manusia sejak Nabi Adam hingga saat ini yang selama hidupnya terlepas dari marabahaya baik marabahaya besar atau pun kecil. 

Karena marabahaya sesungguhnya berada disekeliling kita, bahkan saat kita berjalan pun, marabahaya itu tetap ada. Dengan berzikir Insya Allah kita akan dibebaskan atau dihindarkan Allah dari marabahaya yang besar. 

Dalam Al Quran dikisahkan bagaimana Nabi Yunus AS terbebas dari perut ikan dengan berzikir. Laailahaillaanta Subhanaka Inniikuntu Minadzdzalimin “ Tidak ada Tuhan yang disembah melainkan Engkau ya Allah, maha suci engkau, sesungguhnya aku termasuk diantara orang – orang yang berbuat dzalim.

2. Tanda bersyukur

Bersyukur adalah kata yang mudah kita ucapkan, namun sulit sekali kita jalankan. Berzikir kepada Allah SWT adalah salah satu wujud bagaimana kita selalu mengingat Allah dan bersyukur kepada Allah SWT

3. Hati menjadi tenang

Tidak ada seorang pun manusia yang ingin hidup tidak tenang, semua kita ingin hidup dengan hati yang tenang. Bagi ummat Muslim, salah satu cara membuat hati menjadi tenang adalah dengan berzikir.

Berzikir adalah cara kita mengingat Allah atau cara kita berhubungan dengan Allah SWT. Kita diperintahkan untuk selalu dalam keadaan berzikir. Firman Allah dalam Surat Al-Ahzab ayat 41 dan 42 Allah berfirman “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah SWT, dzikir sebanyak-banyaknya dan bertashbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. 

Dalam berzikir kita harus jujur kepada diri sendiri, tentang apa yang sudah kita perbuat, benar-benar mengingat Allah sepenuhnya mengingat Allah sebagai Tuhan semesta alam, mengucapkan kalimat zikir yang benar, jika kita ragu dengan bacaan kita, jangan segan-segan atau malu bertanya kepada orang yang sudah mengerti.

Demikianlah para pembaca yang budiman, dengan berzikir, kita akan selalu mendapat Ridha dari Allah SWT dan Allah juga akan selau mengingat kita dan semoga kita selalu dilimpahkan Rahmat oleh Allah SWT. 
Amiin ya Rabbal Alamaiiin.


Writer

Johan Arifin


Posting Komentar

0 Komentar