Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Fakta Lain Odading yang Lagi Viral Di Bandung


Odading Viral di Media Sosial / indozone.id

Teman sejagad pasti sudah tau bukan, jika mendengar odading pasti teringat teringat seorang bapak-bapak yang mempromosikannya dengan cara unik? Ya, odading mang oleh. Bahkan usut punya usut penjual odading ini begitu ramai dan laris manis, sampai banyak orang mengantri hanya untuk bisa merasakan odading mang oleh ini. Ramai di social media manapun pasti ada saja cuplikan "odading ironman" ini bukan? Tapi jangan salah masih ada fakta lain selain bisa menjadi ironman setelah memakan odading ini.

a. Makanan khas dari Bandung

    Odading ini dikenal sebagai makanan jajanan dari bandung, dibuat menjadi roti dan digoreng, teksturnya yang lembut dan empuk dan bentuknya yang seperti bantal tak lain ada sebagian orang menyebutnya "Roti bantal" 

Odading biasanya disajikan berbarengan dengan kopi atau teh, dan penjualannya pun pasti berbarengan dengan cakwe, banyak yang mengira jika odading termasuk seperti cakwe faktanya odading hanya di buat dengan versi yang berbeda dan lebih manis. 

b. Asal usul nama "odading" 

    Awalnya ada seorang anak belanda yang ingin membeli roti yang tinggal di dekat lingkungannya. Kurang tahu nama roti itu, anak tersebut hanya menunjuk-nunjukkan rotinya kepenjual. Sang ibu dan anak mendekat ke penjual dan begitu di buka dagangannya yang di tutup daun pisang, anak itu mulai menunjuk roti itu. 

Lantas sang ibu berbicara bahasa belanda " O dat ding" yang artinya "Oh yang itu". Saat itulah mulai kue goreng itu disebut odading, hingga sekarang.

c. Mempunyai panggilan tersendiri tiap daerah

Gembukan, panggilan odading dari (Solo) / laper.poul - wordpress.com     

      Ternyata odading tidak hanya ada di jawa loh, daerah lain juga justru memiliki beragam kue goreng ini seperti Kue Bantal (Jakarta), Roti Goreng (Malang), Bolang Baling (Semarang), Gembukan (Solo), Galundeng (Jogja), tapi adahalnya para netizen menambahkan kata Iron-man sebagai nama odading yang terkenal ini meskipun kita tau Iron-man merupakan tokoh Avengers.

d. Dikenal jajanan SD

     Odading selain mudah dijumpai, odading di kenal sebagai jajanan SD karena harganya begitu murah termasuk pada tahun 90-an, odading biasa akan dijual ke sekolah - sekolah dasar pada jam istirahat ataupun jam pulang. 

Tapi kini odading sudah jarang di sekolah-sekolah, hanya bisa di jumpai di pinggir jalan berbarengan dijajarkan dengan cakwe. 

    Jadi gimana nih sobat sejagad, udah pada cobain "Odading Ironman?" Sebagaimanapun namanya memang jajanan ini tidak akan pudar selain mudah dijumpai dan harganya yang begitu relatif murah.

 

Posting Komentar

0 Komentar