Ticker

6/recent/ticker-posts

Harus Tau! Inilah Perang Badar Salah Satu Perang Terbesar Bagi Orang Islam

source : kalam.sindonews.com

Assalamualaikum wr wb teman - teman, nah dikesempatan kali ini mimin mau ngebahas tentang momen bersejerah dalam islam dan salah satu  yang bakal jadi topik nya yaitu mengenai perang badar yuk kita liat langsung dibawah ini tentang perang badar itu.

Perang badar

Perang badar merupakan perang yang terjadi pada 17 Ramadan tahun 2 Hijriah. Perang badar terjadi antara kaum muslim dari Madinah dan kaum Quraisy dari Mekkah, Perang tersebut merupakan salah satu perang terbesar umat Islam dan juga merupakan kemenangan besar kaum muslim yang dimana melambungkan reputasi dari kota Madinah dan bukti dari nabi Muhammad SAW yang sanggup menantang monopoli kekuasaan Mekkah. Dimana umat muslim yang berjumlah 313 orang melawan 1000 orang kafir Quraisy yang dimana pada akhirnya pertempuran dimenangkan oleh kaum muslim.

Awal mula perang badar

Awal mula perang badar dimulai dengan beberapa sebab, yaitu :

1.      1. Pengusiran dan perampasan harta kaum muslim

Semenjak nabi Muhammad SAW mulai gencar dalam melakukan dakwah, menyebabkan kaum musyrik Mekkah mulai menaruh Hasrat perang dengan kaum muslim, dengan cara mereka menghalalkan darah dan mulai merebut paksa harta dan benda milik kaum muhajirin, hingga menyebabkan meningkatnya kekerasan di Mekkah terhadap kaum muslim. Dipimpin oleh Abu Jahal penindasan terhadap kaum muslim semakin meningkat sehingga menyebabkan kaum muslim untuk memilih hijrah ke Madinah pada tahun 622 dengan meninggalkan harta bendanya selama hijrah,

2.      2. Penindasan umat islam setelah hijrah ke Madinah

Setelah kaum muslim hijrah ke Madinah mereka tetap mendapatkan tekanan dari kaum kafir Quraisy, kaum kafir Quraisy melakukan semacam teror dengan menyerang dan menguasai harta benda kaum muslim, teror yang dilakukan oleh kaum kafir Quraisy kepada kaum muslim karena mereka takut atau khawatir bila hasil dagangan akan berpindah kepada kaum muslim.

3.      3. Ghazawat

Setelah melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah tidak membuat situasi menjadi tenang justru semakin membuat situasi menjadi tegang antara kelompok Madinah dan kelompok Mekkah, dan pada tahun 623 kaum muslim memulai beberapa serangan atau disebut dengan ghazawat kepada rombogan dagang kaum Quraisy Mekkah dengan adanya hal tersebut membuat kaum Quraisy yang beragama islam diusir dari sukunya yang dimana pada masanya merupakan suatu penghinaan dan kaum Quraisy mempunyai pandangan berbeda dengan menganggap kaum muslim sebagai ancaman terhadap lingkungan, dan aksi dari ghazawat semakin sering dilakukan di akhir tahun 623 dan awal tahun 624.

Dampak perang badar

Perang badar juga mempunyai dampak diantara nya yaitu muncul dua tokoh yang akan menentukan kemana masa depan dari jazirah arab selanjutnya, tokoh pertama adalah nabi Muhammad SAW dimana merubah status dari buangan Mekkah menjadin pemimpin utama dan tokoh kedua adalah Abu Sufyan yang menjadi pemimpin kaum Quraisy dan menjadi tokoh yang membantu merundingkan penyerahan secara damai saat pasukan Muhammad memasuki Mekkah enam tahun kemudian.

Itulah dia sedikit informasi tentang perang badar, semoga setelah ini akan semakin membuat kita menjadi kagum dan bangga akan sejarah islam dan semakin tahu tentang momen sejarah yang ada di islam.


Posting Komentar

0 Komentar