Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Makanan Khas Riau, memanjakan lidahmu!


Hallo sobad Jagaders, kali ini kita bahas makanan khas dari Riau. Siapa nih yang lagi di Riau atau lagi nyari kuliner Riau yang punya cita rasa lezat. Nah disini saya akan jelaskan 3 makanan khas Riau yang memanjakan lidah kamu.

1. Mie Sagu
Makanan ini adalah makanan khas Riau, terutama dibagian daerah Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Mie Sagu dari Riau ini memiliki ciri khas yaitu penambahan ikan bilis alies ikan teri pada sajian Mie Sagu. Campuran lainnya ada kucai dan tauge, sedangkan dari bumbu olahan dari bawang merah, bawang putih, merica, udang kering dan cabai. Dalam penyajiannya mie sagu ini tidak direbus cukup direbus saja karena jika direbus maka tekstur akan terlalu lembek. Setelah itu dicampur dengan bumbu dan ciri khas nya ikan teri. Olahan mie sagu sendiri sangat banyak ada yang direbus, ada yang digoreng biasa.




2. Mie Lendir
Mie Lendir ini khas batam, pulau Bintan. Kalau baru pertama kali dengar pasti asing mendengarnya dan pengen tahu gimana sih mie lender ini. Biasanya mie ini diperjual di pagi hari jadi masyarakat riau kebanyakan menjadikan mie ini sebagai sarapan mereka. Mie lendir yang panas sangat enak disantap pada pagi hari atau cuaca dingin. Mie lendir yang disiram dengan kuah kacang membuat makanan ini terlihat sedikit aneh, namun jika sudah dimakan pasti kamu akan ketagihan dan minta nambah. Kuah kacang pada mie lendir ini merupakan kunci dari kelezetan mie ini. Membuat rasa mie ini gurih, seidikit manis dan tidak terlalu pedas.


3. Gulai Siput
Mungkin kamu yang tidak berasal dari Riau akan asing dengan makanan satu ini. Namun makanan ini sangat rekomendasi jika berkunjung ke Riau. Bahan utamanya yaitu siput, sebagian orang bilang keong sawah. Keong sawah adalah hama padi namun masyarakat Riau mengolah menjadi makanan yang sangat lezat. Banyak campuran gulai ini salah satunya adalah daun ubi, dan tidak lupa juga dengan kuah dari santan yang membuat rasanya lezat. Dari segi harga juga kuliner yang satu ini sangatlah terjangkau.







Posting Komentar

0 Komentar