Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia Awal Mula Terciptanya “Sumpah Pemuda” Serta Tujuan Didirikannya!

Kita sebagai warga negara Indonesia ini pasti sudah tidak asing dengan istilah Sumpah Pemuda. Apalagi kita sebagai pemuda Indonesia yang akan menjadi penerus bangsa ini harus serta-mnyerta tahu akan Sumpah Pemuda serta tujuannya. Jadi kali ini kita akan membahas tentang Sejarah terjadinya Sumpah Pemuda serta tujuan diadakannya Sumpah Pemuda itu sendiri yang kemudian diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Sejarah Sumpah Pemuda

    Sumpah pemuda awalnya terjadi atas pertimbangan para pemuda Indonesia untuk ikut serta bangkit bersatu dalam melawan bangsa portugis yang menjajah Indonesia. Saat itu, Indonesia telah berjuang melawan penjajah yang mencuri dan menguasai rempah khas Indonesia.

    Lalu tahun 1908 Dr Sutomo, Dr Cipto Mangunkusumo, dan EFE Douwes Dekker yang memelopori berdirinya Budi Utomo. Gerakan Budi Utomo bertujuan untuk memajukan pendidikan, peternakan, pertanian, dan budaya. Budi Utomo menjadi penyebab terjadinya pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia dan organisasi kepemudaan. Organisasi tersebut abtara lain Jong Betawi, Jong Ambon, Jong Minahasa, Pemuda Timor, Jong Java, Sekar Rukun serta PI (Perhimpunan Indonesia). PI organisasi pemuda yang selalu bersemangat berjuang menggerakkan persatuan Indonesia. Organisasi tersebut terdiri atas pemuda-pemudi bangsa Indonesia dari berbagai macam suku yang sedang berada di Belanda untuk menuntut ilmu.

    Saat itu, tidak ada lagi yang namanya perbedaan kedaerahan/suku karena mereka sadar hal itu hanya akan menghambat keinginan dan cita-cita mereka. Hal tersebut yang melatar belakangi terjadinya kongres pemuda dan rumusan sumpah pemuda.

    Kemudian pada tahun 1920-an terjadi pertemuan untuk mencapai menyepakati dan menyamakan visi dan misi, tetapi belum berhasil juga. Dan pada tanggal 15 November 1925, terjadi peristiwa kongres pemuda, yang diselenggarakan untuk membentuk susunan kepanitiaan pelaksanaan kesepakatan tersebut. Lalu 30 Oktober tahun 1926 semua organisasi pemuda berkumpul untuk dapat melaksanakan rapat yang dikenal dengan peristiwa kongres pemuda yang menjadi awalan persatuan seluruh pemuda di Indonesia untuk kemerdekaan Indonesia.

    Dari peristiwa tersebut munculah ide melaksanakan kongres pemuda II oleh PPI (perhimpunan pelajar Indonesia) yang merupakan organisasi persatuan pelajar untuk seluruh Indonesia. Dan pada tanggal 26-28 Oktober 1928  kongres pemuda II dilaksanakan di Jakarta dengan kegiatan tiga kali rapat di tiga tempat atau gedung yang berbeda-beda. Saat terjadi kongres pemuda II, terjadi juga insiden yang tak menyenangkan. Saat itu Belanda secara terang-terangan menegur pimpinan rapat kongres pemuda II untuk tidak menyebut kemerdekaan Indonesia.

    Saat itu pemuda Indonesia justru semakin bersemangat dan kuat dalam melawan penjajah dan kolonialisme. Hingga diakhir kongres pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 sumpah pemuda lahir yang isinya dibuat oleh Mohamad Yamin dengan persetujuan seluruh peserta.

Tujuan Sumpah Pemuda

Tujuan dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut :
1. Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme para pemuda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah.
2. Memperkokoh dan mempertebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
3. Memperluas usaha dan kegiatan pemuda agar tercapainya kemerdekaan Indonesia.
4. Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu.
5. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia.

Nah jadi itu adalah sejarah adanya sumpah pemuda serta tujuan adanya sumpah pemuda, semoga bermanfaat. Salam Pemuda Indonesia! 

Posting Komentar

0 Komentar