Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk! Simak Kuliner dari Bangka Belitung


Kepulauan Bangka Belitung atau yang sering disebut Babel dulu nya bagian dari Sumatera Selatan namun menjadi provinsi pada tahun 2000. Babel adalah sebuah pulau diluar Sumatra yang dimemisahkan selat bangka. Pulau ini dikelilingi lautan menjadikan objek wisata juga, yang lebih banyak destinasi pantai spektakuler. Batuan granit berukuran besar yang menjadi ciri khas dipantai Babel, pantainya masih alami dan jauh dari keramaian cocok untuk menenangkan pikiran. Eits tetapi bukan Cuma memiliki destinasi pantai yang sangat menarik, Babel juga memiliki kuliner yang sangat lezat. Yuk langsung simak aja!

1. Lempah Kuning 
Lemah Kuning adalah makanan khas pulau Bangka yang sudah ada sejak dulu. Makanan ini menggambar kan kehidupan masyarakat bangka yang kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Bahan dasar dari makanan ini tentu dari hasil laut seperti ikan, olahan itu dinamakan Lempah Kuning. Cita rasa lembah kuning yang asam dan manis juga menggambarkan bentuk adaptif  masyrakat pulau bangka terhadap kondisi lingkungan. Biasanya makanan ini hadir di aktivitas adat, upacara adat, perayaan hari besar dan ritual adat. Namun pada akhirnya menjadi makanan bersama sama dan menjadi umum. Penyajian nya diolah dari perpaduan bahan seperti ikan, kunyit, cabe, air asam jawa, garam, lengkuas, terasi, bawang merah dan bawang putih, pencampuran bahan tersebut menjadikan rasa yang pedas dan manis. Dalam perkembangannya lempah menjadi memiliki beberapa varian tersendiri yang tadinya bahan dasar nya ikan, diganti dengan udang, sotong beruk, tulang iga sapi dan dicampur dengan tomat.


2. Sambal Rusip
Sambal Rusip juga khas bangka yang bahan dasarnya ikan teri basah, bisa dibilang sangat berbeda dengan sambal yang lainnya. Sambal ini sering dihidang kan sebagai sebagai cocolan lauk utama. Sambal ini adalah hasil fermentasi ikan, didalam proses fermentasi ikan dicampur dengan garam dan gula merah. Lama fermentasi juga lumayan lama yaitu selama minimal 7 hari. Setelah selesai fermentasi dan mengeluarkan bau asam berarti hasil fermentasi siap untuk dicampur dengan bahan lainnya. Setelah itu dicampur dengan jeruk kunci, cabai dan bawang merah. Rasa dari sambal rusip sendiri itu asam manis dan memiliki aroma yang kuat. Penyajian sambal rusip biasanya bersama ikan dan sayur seperti terong, mentimun dan selada.


3. Siput Gong Gong 
Berkunjung ke Babel tidak lengkap bila tidak merasakan lezatnya dari siput gong gong. Siput gong gong merupakan biota laut termasuk kedalam jenis kerang-kerangan. Daging siput gong gong ini sangat lezat dan punya kandungan protein yang tinggi. Penyajiannya terbilang cukup sederhana. Siput direbus setelah itu bisa langsung disantap dengan sambalnya. Yang membuat cita rasanya lezat adalah cara merebusnya, gonggong direbus dengan garam dan irisan jahe  untuk menghilangkan bau amis dan membuat tekstur daging gonggong menjadi cukup lembut dan kenyal. Kalau mengenai sambal, bisa disajikan dengan berbagai macam sambal, ada yang memakai sambal kacang, asam manis, pedas dan sambal kecap.











Posting Komentar

0 Komentar