Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! 5 Hal yang Tidak Boleh Ditunda Dalam Islam

  


Jagad Media - Halo Jagadian, siapa nih yang suka menunda pekerjaan? Seperti contoh kita terbiasa menunda pekerjaan hingga menjelang deadline dan akhirnya kita terburu - buru mengerjakannya,
menunda jadwal makan dan tidur yang dapat mengakibatkan tubuh kurang fit.

Dalam Islam ada beberapa hal yang tidak boleh di tunda, beberapa di antara nya adalah sebagai berikut :

1. Taubat



Sebagai manusia yang tidak pernah luput dari dosa, sudah sepantasnya kita terus bertaubat kepada Allah. Memohon ampunan dan mengharapkan Ridho Allah untuk keselamatan dunia dan akhirat. Karena kelak kita semua akan dimintai pertanggungjawaban nya. 

Sekarang kamu berada di hari ini bukan di hari esok. Jika hari esok datang, maka kamu berada di hari tersebut. dan jika hari besok tidak menghampirimu, maka janganlah kau sesali atas apa yang luput darimu hari ini.

Taubatlah, Jangan nanti - nanti...
Nanti keburu mati.

2. Sholat


Sesungguhnya amal yang akan dihisab pertama kali di hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka dia akan mendapatkan keselamatan dan keberuntungan. Dan jika sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.

Jika ada yang kurang dari sholat wajibnya, Allah swt akan melihat apakah kita punya persediaan sholat sunnah untuk menyempurnakan sholat wajib yang kurang tersebut.

Tidak dihalalkan menunda sholat atau menunda sebagian sholat hingga keluar waktunya . Kecuali jika menundanya karena tujuan untuk menjamak dengan sholat lainnya. Boleh menjamak ketika ada uzur seperti safar, hujan, sakit, atau lainnya.

3. Menguburkan Jenazah



Seperti hadist riwayat dari Bukhori dan Muslim bahwa kita harus menyegerakan pengurusan jenazah, karena jika jenazah tersebut ternyata merupakan orang yang sholeh maka kita telah mempercepat kebaikan untuknya. Sebaliknya jika jenazah bukan merupakan orang sholeh dan tidak disegerakan untuk diurus, maka berarti kita seperti meletakkan keburukan di pundak sendiri.

Jenazah orang sholeh meminta untuk disegerakan, karena dia mendapatkan kebaikan dan pahala yang besar, Wallahu a'lam.

4. Menikah



Barang siapa yang sudah mampu untuk menikah maka disarankan untuk tidak menunda melaksanakan pernikahan. Baik mampu dalam hal jasmani dan rohani. 
Sehingga pemahaman yang ada pada kalangan muda bahwa menikah haruslah menunggu hingga menjadi sukses keliru. Jika memang sudah mampu laksanakan.

5. Membayar Hutang



Dikutip dari hadis riwayat Ibnu Majah, saat manusia meninggal dan dia tidak meninggalkan rasa sombong, khianat dan hutang niscaya dia akan masuk surga. Begitu juga sebaliknya, bagi orang yang berniat untuk tidak membayar hutang maka Allah kelak akan memasukkan dia ke dalam golongan pencuri.

Maka dari itu yang merasa punya Hutang, yuk bayar jangan tunggu di tagih dulu hehe..


Posting Komentar

0 Komentar