Ticker

6/recent/ticker-posts

Here We Go! Awal Mula Kemunculan Sebuah Film yang Tak Terduga


Hallo Jagadians! Siapa sih yang gak tau tentang film? Kalau kalian tinggal di gua selama berabad-abad, mungkin gak akan tau sih. Nah kali ini kita akan membahas awal mula kemunculan film dan bagaimana industri film dapat berkembang hingga saat ini. Let's go!

Pada suatu hari...

Gak deng jangan gitu, kelamaan. Nah jadi awal mulanya film ditemukan itu pastinya tidak terlepas dengan penemuan fotografi. And you know what? For your information, penemu kamera adalah seorang ilmuan muslim bernama Ibnu Al-Haitsham yang di barat lebih dikenal dengan nama Al-Hazen. Kita lewati sejenak sejarah fotografi dan melompat ke penemuan  sebuah film yang terfikir tidak sengaja. Pada tahun 1878 beberapa orang pria Amerika berkumpul dan berbincang hingga menemukan pertanyaan “Apakah keempat kaki kuda berada pada posisi melayang pada saat bersamaan ketika sedang berlari?" Pertanyaan itu terjawab ketika Eadweard Muybridge yang merupakan seorang fotografer membuat 16 frame gambar kuda yang sedang berlari. Dari 16 frame gambar kuda yang sedang berlari tersebut, dibuat rangkaian gerakan secara urut sehingga gambar kuda terkesan sedang berlari. Dan terbuktilah bahwa ada satu momen dimana kaki kuda tidak menyentuh tanah ketika kuda tengah berlari kencang. 

Setelah penemuan itu, inovasi kamera mulai berkembang ketika Thomas Alfa Edison mengembangkan fungsi kamera gambar biasa menjadi kamera yang mampu merekam gambar gerak pada tahun 1888, sehingga kamera mulai bisa merekam objek yang bergerak dinamis.Wah, gak disangka juga kan?

Sementara itu perkembangan dunia perfilman dimulai dari terciptanya film dokumenter pertama yang dibuat oleh Lumiere Bersaudara dengan judul Workers Leaving the Lumière's Factory. Film yang diakui sebagai sinema pertama di dunia tersebut diputar di Boulevard des Capucines, Paris, Prancis pada tanggal 28 Desember 1895 yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya sinematografi. Dengan permulaan seperti itu, industri film mulai berkembang yang awal mulanya hanya memiliki gambar berwarna hitam putih dengan musik latar yang dimainkan secara langsung oleh pemain musik hingga menjadi film seperti saat ini.

Wah, gak nyangka kan? gimana pendapat kalian? tulis di kolom komentar ya!

 

Posting Komentar

0 Komentar