Ticker

6/recent/ticker-posts

Gawat! Layanan Google Sedang Bermasalah!



                JagadMedia – Google merupakan perusahaan yang memiliki kontribusi yang paling besar pada jasa dan produk Internet. Mayoritas penduduk di dunia menggunakan produk dari perusahaan Google, baik menggunakan mesin pencari, komputasi, web, periklanan, e-mail, social media, aplikasi perkantoran, dan produk aplikasi online lainnya.

 

Namun hal yang tidak disangka terjadi seketika! Pada Senin malam (14/12/2020), Google mengalami yang menyebabkan penggunanya tidak dapat mengakses layanan dari Google tersebut. Apa yang terjadi? Mari kita simak!

 

                Pada hari Senin tangga 14 Desember 2020, sejak pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB telah muncul keluhan tentang layanan Google yang sedang down ini. Para pengguna tentu mengeluh karena tidak bisa menggunakan layanan favourite mereka. Pada waktu yang sangat singkat, hal tersebut ramai menjadi buah bibir oleh netizen.

 

                Nyatanya, Google tengah megalami masalah serupa yang bermula pada Juli 2020. Kemudian, diikuti pada tanggal 20 Agustus 2020 dimana pengguna tidak bisa upload file menggunakan produk Google, dan tidak bisa melakukan login pada akun Google. Pada bulan November, terjadi gangguan pada salah satu produk Google, yaitu Youtube dan Google TV yang menyebabkan video rusak, pesan error, loading yang tiada henti, dan lain sebagainya.

 

                Berdasarkan pada grafik yang disajikan oleh Downdetector Indonesia, keluhan terbanyak mencapai 3300 laporan keluhan mengenai layanan Google yang down tersebut. Diantara 3300 keluhan, terdapat 85% memiliki masalah pada login dan 14% pada masalah pencarian. Syukurnya, hal tersebut berhasil diatasi dalam waktu yang singkat dan terlihat penurunan angka grafik yang signifikan atas laporan mengenai layanan Google yang sedang bermasalah tersebut dan berakhir pada pukul 20.23 WIB.

Grafik laporan permasalahan layanan Google - Downdetector.id


Peta penyebaran masalah layanan Google di dunia - Downdetector.id


                Apakah penyebabnya layanan Google tumbang? Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Tim Youtube telah memberikan tanggapannya melalui Twitter dengan mengatakan “Kami menyadari bahwa kebanyakan dari anda sedang mengalami masalah saat mengakses YouTube - Tim kami telah menyadarinya dan sedang menyelidikinya. Kami akan mengabari anda segera setelah mendapat lebih banyak berita.”

 

Twitter dari akun @TeamYouTube mengenai masalah layanannya.

                Apa saja layanan Google yang mengalami masalah? Layanan Google yang tumbang diantaranya sebagai berikut : Gmail, Youtube, Google Meet, Google Classroom, Google Play Store, Google Maps, Google Photos, Google Calender, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Drive, Google Earth, Google News, Google Keep, Google Contacts, Google Translate, Google ads, dan bahkan Google Smart Home!

               

                Syukurnya, permasalahan atas layanan Google yang sedang tumbang tersebut telah diatasi dalam waktu yang singkat. Apa jadinya misal layanan Google tersebut yang selalu dipakai untuk aktivitas oleh orang diseluruh dunia mengalami gangguan dalam waktu yang lumayan lama, boleh dikatakan 1 hari misalnya. Tentu akan berdampak besar bukan? Berdasarkan cuitan dari Twitter di atas, kita masih belum tahu penyebab layanan Google sedang down, kita hanya dapat berharap semoga tidak ada terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika tidak, bagaimana saya bisa menonton hiburan saya di YouTube dan download game di Playstore?

 

                Beri pendapat kamu tentang kejadian ini pada kolom komentar dibawah ya, terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Penulis : Aldia Deponsa Judistira


Posting Komentar

0 Komentar