Ticker

6/recent/ticker-posts

Webinar Virtual Expo 2021: Solusi Virtual Expo Untuk Etalase Digital


JagadMedia - Telkom University melalui Fakultas Ilmu Terapan (FIT), khususnya program studi Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM) menyelenggarakan webinar yang berjudul Pelatihan Pengembangan Produk Virtual Expo Untuk Etalase Digital. Webinar yang diselenggarakan via Zoom ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari pelajar SMK dan masyarakat umum.

Salah satu satu sektor yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 adalah sektor perdagangan, khususnya UMKM atau pedagang yang menggunakan pasar offline sebagai media transaksi utama. Adanya pelarangan dan adanya pembatasan sosial skala besar, menyebabkan tingkat intreraksi dengan pembeli menurun yang berakibat pada anjloknya omset perdagangan. 

Bentuk interaksi digital atau virtual dapat menjadi salah satu solusi alternatif. Hal inilah yang dibahas dalam pelatihan webinar. Para peserta webinar mendapatkan pemaparan tentang arti pentingnya penggunaan teknologi pasca pandemi. Khususnya adalah penggunaan teknologi virtual reality yang dapat digunakan untuk membantu proses digitalisasi produk, dan etalase digital yang diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan. 

Dalam webinar yang diselenggarakan via Zoom, Rickman Roedavan selaku pembicara menjelaskan jika Virtual Reality memiliki beberapa tingkat kedetailan yang dikenal dengan istilah High Immersive VR dan Low Immersive VR atau yang juga dikenal dengan istilah Desktop VR. 

Adapun Virtual Expo yang ditampilkan pada platform web masuk ke dalam kategori  Desktop VR. Meski tergolong low immersive, namun penggunaan Desktop VR memungkinkan untuk menjangkau audience yang lebih luas karena tidak perlu menggunakan perangkat khusus. Untuk dapat mengakses Desktop VR user cukup menggunakan laptop yang memiliki akses internet. 


Webinar ini merupakan awal dari kolaborasi antara Telkom University dengan komunitas Global Orbit yang merupakan bagian dari Jagad Creative. Diharapkan webinar ini dapat meningkatkan wawasan peserta tentang penerapan teknologi Virtual Reality di berbagai bidang. 

Posting Komentar

0 Komentar