Ticker

6/recent/ticker-posts

Tau Gak Sih! Iniloh 5 Cara Menahan Marah Dalam Islam

Assalamualaikum wr wb, marah, ya itu merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh setiap manusia, dimana kondisi marah ini terjadi pada orang – orang disaat kondisi nya sedang tidak nyaman. Marah ini tentunya berdampak buruk bagi kita sendiri yang sedang marah atau pun orang sekitar yang terkena marah.  Maka dari itu kita sebagai umat islam tentunya harus bisa menahan marah ini, lalu bagaimana caranya menahan marah ini dalam islam, yuk liat apa aja:

1.     1. Berwudhu

Dengan berwudhu ataupun mandi. Marah merupakan sifat yang berasal dari setan. Dimana setan adalah mahluk ciptaan Allah yang berasal dari api. Dengan melakukan wudhu maka akan membuat tubuh dan hati kita menjadi suci lagi.

2.   2. Memperbanyak dzikir

Dzikir dan juga mohon perlindungan Allah SWT. Saat sedang marah salah satu hal yang harus kita lakukan adalah dengan berdzikir dengan membaca istigfar, takbir, dan tahmid serta bacaan dzikir yang lain dimana semua itu kita baca saat sedang dalam kondisi marah, karena sumber marah berasal dari setan dengan berdzikir kita akan mengingat Allah dan bisa menahan marah kita.

3.     3. Melakukan shalat shunnah

Melakukan shalat sunnah. Shalat sunnah juga ternyata bisa menahan marah loh. Karena marah itu seperti sebuah api yang ada di hati manusia maka dengan melakukan shalat shunnah maka api itu berhenti contohnya jika marah pada pagi hari maka lakukan shalat dhuha dan kalau pada malam hari lakukan shalat tahajud, tentu saja kita harus tetap shalat wajib karena kondisi ini terjadi jika kita marah diluar waktu shalat wajib.

4.     4. Diam

Diam dan jaga ucapan. Karena saat kita marah biasanya kita seperti ingin bicara hingga pada akhirnya keluarlah kata – kata yang kasar bahkan makian untuk dan orang disekitar kita lah yang terkena dampak nya. Dengan mengucapkan kata-kata yang kotor atau umpatan maka akan mengundang murka Allah. Oleh karena itu cara mengatasinya yaitu dengan diam. Dengan kita diam maka kita akan bisa menahan marah kita dan terhindar dari dosa.

5.     5. Merubah posisi

Merubah posisi disini adalah mengambil posisi yang rendah atau mengubah posisi mejadi duduk. Biasanya saat marah kita sedang dalam posisi berdiri. Dengan posisi berdiri maka akan timbul hasrat untuk melampiaskan nya. Jika dalam posisi duduk maka akan seperti mencegah untuk melakukan hal tersebut, maka merubah posisi juga pilihan yang tepat saat kita sedang marah.

Itulah dia beberapa contoh apa yang harus dilakukan jika kita sedang berada dalam keadaan marah, semoga setelah melihat artikel ini kita jadi bisa menahan amarah agar tidak merugikan banyak orang baik itu kita atau pun orang lain, Wassalamualaikum wr wb.


Posting Komentar

0 Komentar